My Wishlist Every Weekend : Memberikan #XperienceSeru Untuk Si Kecil Nasya. Bisa?

Xperienceseru, traveloka xperience, kidzooona

Setiap hari saya dihantui rasa bersalah karena meninggalkan anak saya yang masih balita. Perasaan bersalah tersebut muncul karena saya harus meninggalkan dia setiap hari untuk bekerja. Alasan saya memilih jalur wanita bekerja bukan karena saya ingin terlihat keren dengan menjadi wanita karir, tapi lebih dikarenakan kebutuhan Nasya dimasa kini dan masa depan. Dia butuh banyak ‘persiapan’ untuk menjalani kehidupan (Baca : Uang). Dijaman yang serba butuh uang ini, apabila kita ingin sesuatu yang bagus pasti butuh uang. Sekolah butuh uang, sakit dan mau berobat ke rumah sakit butuh uang, makan butuh uang bahkan terkadang untuk ke kamar mandi umum pun kita butuh uang. Saya tahu uang bukanlah segala-galanya, tapi segala sesuatunya itu kebanyakan membutuhkan uang. 

Foto : Saya dan Nasya (Dokpri)

Setiap minggu waktu yang saya habiskan dengan Nasya tidak banyak. Dari hari Senin hingga Jumat saya lebih banyak menghabiskan waktu di luar rumah (Baca : Ngantor). Dipagi hari, sebelum berangkat kerja, saya masih sempat bermain (sebentar) dengan Nasya. Tetapi ketika saya pulang kerja, biasanya dia sudah tertidur pulas. Sekuat-kuatnya saya, terkadang air mata saya suka menetes ketika dalam perjalanan menuju kantor. Saya suka terbayang kejadian yang baru saya alami rumah. Saya menyebutnya drama sebelum berangkat kerja. Setiap hari ada saja hal yang membuat saya berat melangkahkan kaki keluar rumah, berat untuk meninggalkan Nasya di rumah. Salah satu drama yang sering berulang adalah saat saya hendak berganti baju daster menjadi baju kerja. Ketika melihat saya menenteng baju kerja, Nasya selalu bilang, “ndak-ndak” sambil menarik baju kerja saya. Kemudian biasanya dia menyuruh saya menaruh kembali baju tersebut ke lemari atau menariknya dan menjatuhkannya ke lantai. Maksudnya saya tidak boleh pakai baju kerja, dia lebih suka saya pakai daster karena itu artinya saya hanya dirumah dan tidak kemana-mana. Drama lain adalah ketika saya hendak pamit pergi. Biasanya saya akan bilang kepadanya “Nasya bunda kerja dulu ya” Kadang dia menyahut iya, tapi kadang Ia hanya diam sambil asik dengan kegiataannya. Lalu ketika saya menyerahkan tangan supaya dia salim (salaman) bukannya mencium tangan saya dia malah mengambil tangan saya dan mengajak ke kamar untuk main bersama. Seperti itulah pagi yang  selalu saya alami, berulang-ulang sampai kadang saya merasa tidak sanggup. Tapi, saya harus kuat. Ini memang keputusan berat tapi ini juga untuk Nasya. 

Karena rasa bersalah tersebut, setiap weekend atau hari libur saya selalu memprioritaskan Nasya dibandingkan hal lain. Sebisa mungkin saya bisa menemani dia bermain, makan, tidur dan kegiatan lainnya. Saya tidak ingin kehilangan moment-moment dimana dia akan cepat sekali tumbuh dan berkembang. Salah satu cara saya untuk menghabiskan waktu bersama dia adalah dengan mengajak dia ke tempat-tempat yang seru. Saya ingin memberikannya #XperienceSeru yang bisa membuat dia bahagia. Kebahagiaan dia adalah kebahagian saya. #XperienceSeru yang membuat dia bahagia adalah #XperienceSeru yang membuat saya bahagia pula.

Salah satu tempat bermain anak di tempat tinggal saya adalah Kidzoona yang berlokasi di Mall Cibubur Junction. Kidzoona merupakan tempat bermain anak indoor yang dioperasikan oleh PT AEON Fantasy Indonesia. Kalau saya lihat tempat ini sangat besar dan menyediakan berbagai macam tempat bermain anak. Ada zona untuk bermain yang melibatkan kegiatan fisik anak, bermain pura-pura menjadi profesi tertentu dan ada pula zona dimana si anak akan dituntun untuk berimajinasi.

Sumber Foto : Dokpri

Di Kidzoona kita bisa memilih mau membeli tiket 1 jam atau seharian. Untuk tiket 1 jam kita hanya diberikan waktu 1 jam didalam dan tidak bisa keluar masuk lokasi. Tapi untuk tiket seharian, kita diberi keleluasaan untuk bisa keluar masuk lokasi. Kalau saya pribadi, lebih suka dengan tiket seharian karena beda harganya tidak terlalu jauh. Selain itu, kalau menggunakan tiket seharian kita bisa keluar sebentar untuk sholat atau melakukan kegiatan lain dan kemudian masuk kembali. Anak pun pasti akan lebih senang karena waktu bermainnya lebih lama.

Biasanya saya membeli tiket Kidzoona di loket pada hari-H. Namun kali ini, saya mencoba cara yang berbeda. Saya memesan Tiket Kidzoona melalui Traveloka Xperience.

 

Saya membeli tiket di hari Jumat, rencana ingin saya gunakan pada hari sabtunya. Tapi sayangnya pada hari-H, tiba-tiba ada sesuatu yang membuat saya tidak bisa mengajak Nasya ke tempat bermain itu. Saya tidak bisa kesana karena tiba-tiba Nasya rewelnya kumat. Selesai dimandikan dia sulit sekali dipakaikan baju dan rewel. Sampai sekitar jam 3 sore saya masih belum berhasil membujuk dia untuk pergi keluar rumah. Alhasil pada hari itu saya batal mengajak Nasya keluar untuk bermain. Untungnya voucher Kidzoona yang saya beli ada tenggat waktu selama 7 hari (seminggu) sejak waktu pemesanan. Tiketnya masih berlaku seminggu setetelah pembelian dan ada fasilitas redeem juga kalau ingin dibatalkan. Jadi, walaupun tidak berhasil pergi di hari yang sudah ditentukan, saya dan Nasya masih bisa pergi di hari berikutnya, yaitu hari Minggu.

Xperienceseru, traveloka xperience, kidzooona

 

#XperienceSeru : Mencoba berbagai profesi

Nasya senang sekali bisa bermain dengan berpura-pura menjadi dokter, barista ice cream, polisi, koki atau ibu-ibu yang sedang membeli sayur-mayur. Melihat dia bermain dengan antusias dan riang membuat saya senang. Melihat dia senang saya juga ikut senang. Melihat dia seru bermain memberikan rasa seru sendiri buat saya. Apalagi ketika bermain, biasanya dia akan mengajak saya ikut bermain juga. Contohnya ketika sedang bermain barista ice cream, saya duduk didepannya sambil pura-pura mau membeli ice cream. Saat itu dia akan meniru adegan penjual ice cream yang sering ia lihat di youtube. 

Perbandingan Harga Kidzooona dan Traveloka Xperience

Dialog ketika berpura-pura bermain penjual ice cream:

Nasya : Mau beli apa?

Saya : Ice Cream

Nasya : Ice Cream apa?

Saya : Ice Cream Coklat

Lalu kemudian dia akan mengambil ice cream berwarna cokelat dan memberikan kepada saya.

Nasya : Ini Ice Creamnya.

Saya : Terimakasih. Ini uangnya (kata saya sambil menyerahkan uang-uangan kepada dia).

Sama halnya ketika sedang bermain dokter-dokteran atau ibu-ibu yang membeli sayur. Dia akan menirukan apa yang pernah atau sering dia lihat dan kemudian memperaktekkannya. Zona profesi ini membuat dia seolah-olah menjadi peran yang ia peragakan.

 

#XperienceSeru : Memacu Adrenalin

Zona bermain lain yang menjadi favorit Nasya adalah zona dimana dia menggunakan kekuatan fisiknya untuk bermain. Memanjat, lompat-lompat atau sekedar mengayun di ayunan. Mainan ini benar-benar memacu jantung saya untuk berdebar kencang. Salah satu zona memacu adrenalin yang disenangi Nasya adalah Air Slider. Tempat main ini memiliki semacam tangga untuk naik ke atas dan dari atas kita bisa turun dengan cara meluncur. Seharusnya tempat ini aman karena bentuknya landai dan tidak terjal. Apalagi di bagian bawah ada banyak bola-bola yang bisa jadi bantalan kalau anak terjatuh. Tapi walaupun begitu, sebagai orang tua saya harus tetap sigap dibawah untuk menangkap dia kalau-kalau dia terjatuh atau kehilangan kesimbangan. Namun walaupun perasaan saya sangat ketakutan, saya mencoba untuk mendukung dan menyemangati dia. Saya ingin dia jadi anak yang berani, jadi sebisa mungkin saya tidak menghambat keberaniannya untuk melakukan sesuatu.

Permainan seru lainnya adalah bermain ayunan. Biasanya dia agak meminta saya mendudukknya di bangku ayunan, kemudian dia meminta saya untuk mengayunkan dia. Ayunannya tidak terlalu kencang, tapi begitu bangku berayun ia akan langsung berteriak senang. Histeria mungkin ya, merasa ada semacam debaran di dada karena melakukan sesuatu yang tidak biasa.

Perbandingan Harga Kidzooona dan Traveloka Xperience

#XperienceSeru : Merangsang Imajinasi Dengan Bermain

Setelah bermain profesi dan memacu adrenalin, Nasya pergi zona yang agak tenang. Disini anak-anak dibuat supaya bisa berkreasi dan berimajinasi. Mainannya cenderung sederhana tapi agak complicated. Disini anak-anak bisa membuat sesuatu sesuai dengan imajinasi yang ada dipikirannya. Disini ada tempat dimana anak-anak bisa membuat sesuatu dengan (semacam) tanah sintesis. Bentuk-bentuk yang sudah ada misalnya, kepiting, kura-kura, ikan dan benteng. Sambil menemani Nasya bermain, saya juga ikut membantu membuat bentuk-bentuk hewan dari tanah sintetis tersebut. Mencontohkan padanya bagaimana cara membuat bentuk seperti itu.

Selain itu, di Kidzoona ada juga tempat bermain yang memiliki balok-balok dimana kita bisa menyusun bagian-bagian tersebut menjadi sebuah bentuk yang kita inginkan. Biasanya ditempat itu ada semacam buku atau video panduan, sehingga kalau kita sedang stuck atau tidak ada ide, kita bisa mencontoh tahapan-tahapan di buku tersebut.

Perbandingan Harga Kidzooona dan Traveloka Xperience

 

Kalau yang ingin melihat betapa serunya bermain di Kidzoona bersama Nasya waktu itu, ini saya upload cuplikan-cupliakn video selama kami bermain. Semoga bisa jadi gambaran atau inspirasi untuk ibu-ibu yang ingin mencari tempat #XperinceSeru untuk anaknya.

Video #XperienceSeru Nasya di Kidzoona Cibubur Junction

Gimana… serukan…

Bermain bersama Nasya di hari libur atau disaat saya tidak bekerja merupakan cara saya untuk tetap dekat dengannya. Mengajaknya bermain ke tempat-tempat seru merupakan keinginan saya setiap minggu. Saya selalu berusaha memberikan waktu terbaik saya di hari libur untuk menemani dia main seharian. 

 

Dibagian atas cerita ini saya bilang kalau kali ini saya membeli tiket Kidzoona melalui fitur Traveloka Xperience. Mungkin diantara semua pembaca blog ini sudah familiar dengan agen perjalanan Traveloka. Banyak yang sudah tahu dan mungkin banyak juga yang sudah menggunakan Traveloka. Nah, kalau sebelumnya mungkin Traveloka lebih banyak mengurusi tiket perjalanan dan akomodasi untuk liburan, kali ini Traveloka menghadirkan fitur baru di layanannnya. Fitur ini diberi nama Traveloka Xperience.

Traveloka Xperience merupakan layanan tambahan dari Traveloka yang fokus pada layanan untuk menemukan aktivitas seru disekitar kita.  Dengan layanan ini kita bisa dengan mudah menemukan tempat-tempat seru yang ada disekitar kita, misalnya tempat bermain anak, atraksi, spa & kecantikan, bioskop, tur dan hiburan lainnya. Kalau pada cerita ini, saya menggunakan produk Taman Bermain. Saya memilih Taman Bermain karena ingin mencari tempat bermain seru untuk Nasya. Selain taman bermain, di Traveloka Xperience juga memiliki banyak produk lainnya, seperti tempat Atraksi, Bioskop, Event, OLahraga, Spa dan Kecantikan dan banyak tempat-tempat seru lainnya.

Bagaimana Caranya Bisa Memanfaatkan Fitur Xperience dari Traveloka

Untuk bisa mengakses atau memanfaatkan Fitur Xperience dari Traveloka, tentunya hal pertama yang harus kita lakukan adalah meng-instal dan melakukan registrasi di aplikasi ini. Kita bisa men-download aplikasi Traveloka dari PlayStore yang ada di gadget kita. Setelah melakukan registrasi kita akan mendapatkan konfirmasi telah diterima menjadi member Traveloka, nah setelah itu kita bisa langsung menikmati keuntungan-keuntungan menjadi bagian dari Traveloka. Kalau yang sudah menjadi member Traveloka, bisa langsung cuss ke aplikasinya dan lihat ada menu baru dibagian atas dengan nama Xperience.

Dibawah ini saya mencontohkan cara memesan voucher Kidzoona dari aplikasi Traveloka. Cara pesannya gampang kok! Tinggal klik aplikasi Traveloka, pilih menu Xperience, pilih produk dari Xperience yang ingin digunakan (kalau saya disini memilih Taman Bermain, pilih tempat (misal Kidzoona Cibubur), pilih paket (karena disini ada 2 tipe harga kita bebas memilih mau yang 1 jam atau seharian. Isi data diri, pilih metode pembayaran. dan selesai.

Oiya, setelah itu jangan lupa melakukan pembayaran karena kalau tidak membayar sejumlah amount yang tertera dalam tagihan maka transaksi kita tidak akan dianggap sah. Uniknya, biasanya (setahu saya) apabila ada kode unik pada nominal transaksi jumlah uang yang kita bayarkan lebih banyak dari nilai yang harus kita bayar karena harus menambah 3 digit angka unik dibelakang. Tapi kali ini, angka unit tersebut malah membuat pembayaran saya menjadi berkurang.

Apa keuntungan memakai fitur Xperience di Traveloka

    • Paperless

    Kita (apalagi sebagai ibu-ibu) tidak perlu lagi ribet-ribet bawa kertas voucer, gak perlu khawatir voucer kita akan tertinggal karena voucer Traveloka Xperience berbentuk E-Voucer. Jadi kita bisa sekalian juga menghemat penggunaan kertas di bumi ini.

  • Cara pembayaran yang mudah

Traveloka Xperience menyediakan berbagai pilihan metode pembayaran yang bisa kita pilih. Kita tidak perlu pusing membayangkan dengan cara apa kita akan membayar tagihan kita. Untuk metode pembayaran kita bisa menggunakan cara transfer, paylater atau direct debit.

  • Diskon Melimpah

Traveloka Xperience menawarkan banyak diskon dan harga murah pada setiap pengalaman. Kita tidak perlu takut menghabiskan uang terlalu banyak untuk setiap pengalaman yang kita rasakan.

  • Lebih Mudah Mencari Tempat untuk Mencari Pengalaman-Pengalaman Seru di Sekitar Kita

    Dengan menggunakan Traveloka Xperience, kita bisa mengetahui tempat-tempat apa saja yang ada di sekitar kita, kita juga bisa mendapat rekomendasi dari Traveloka untuk tempat apa yang sebaiknya kita kunjungi. Kalau mau menjejalah wilayah lain, kita bisa juga mencari area bermain atau area pengalaman di daerah lain agar kita tidak merasa bosan hanya pergi ke tempat itu-itu saja.

  • Customer services 24/7

Traveloka menyediakan layanan 24 jam selama 7 hari untuk melayani kebutuhan dan keluhan pelanggannya. Kita bisa langsung melakukan konfirmasi ketika akan memutuskan jadi atau tidak menggunakan voucher yang kita beli. Jadi, kita tidak perlu khawatir kalau misalnya tiba-tiba ada masalah dengan transaksi yang kita lakukan, atau tiba-tiba ada hal urgent yang membuat kita tidak jadi pergi. KIta bisa langsung hubungi customer service Traveloka dan kemudian masalah kita selesai.

  • Dapat Point Traveloka

Setiap transaksi di Traveloka Xperience, kita juga berhak atas point Traveloka yang bisa diakumulasi dengan point Traveloka lainnya. Point ini nanti bisa kita tukarkan dengan promo lain yang tentunya menambah keuntungan kita disaat yang diperlukan. 

  • Tidak perlu mengantri panjang

Di beberapa tempat/lokasi wisata atau tempat bermain, Traveloka menyediakan Xperience Point dimana kita bisa menukarkan voucer kita di tempat itu tanpa harus mengantri panjang di antrian sebenarnya. Membeli voucernya mudah, pasti kebagian tiket pada saat datang ditambah tidak perlu antri panjang di lokasi. Duuh,,, enak banget sih jadi member Traveloka.

 

Penutup

Traveloka Xperience memberikan kemudahan bagi saya untuk memberikan #XperienceSeru pada Nasya setiap minggunya. Saya bisa memanfaatkan fitur pencarian area taman bermain disekitar tinggal saya atau daerah lain dengan mudah tanpa harus susah payah searching di google atau tanya sana sini. Traveloka Xperience juga membuat saya merasa lega karena harga yang ditawarkan lebih rendah dibanding harga di loket, saya jadi bisa lebih hemat dalam hal budget #XperienceSeru untuk Nasya. Dengan layanan seru dari Traveloka ini, saya bisa memberikan #XperienceSeru kepada Nasya setiap minggunya. Terimakasih Traveloka 😊

Leave a Reply