Asus VivoBook Ultra A412DA, Si Kecil yang Tangguh dan Stylish, Laptop Idamanku dan Para Blogger Masa Kini

Setiap orang memiliki keinginan dalam hidup mereka. Ada yang hanya memiliki satu keinginan, ada yang memiliki beberapa keinginan dan ada pula yang memiliki banyak keinginan. Kalau saya adalah tipikal orang yang memiliki banyak keinginan. Setiap akhir tahun saya selalu membuat resolusi atau daftar keinginan yang ingin saya wujudkan pada tahun berikutnya. Walaupun banyak yang beranggapan membuat resolusi atau wishlist itu tidak terlalu berguna, tapi bagi saya memiliki daftar hal yang ingin diwujudkan itu penting untuk menjadi panduan dalam menjalani keseharian saya dan juga mengatur prioritas yang harus dilakukan terlebih dahulu. Prioritas itu perlu karena kita memiliki sumber daya (tenaga) yang terbatas.

Tahun 2019 ini, salah satu keinginan saya adalah memiliki sebuah laptop yang bisa mendukung kegiatan saya sebagai seorang blogger. Sebenarnya saat ini saya sudah memiliki 1 netbook di rumah, tapi netbook tersebut sudah berusia lama dan sudah tidak mumpuni lagi untuk melakukan banyak aktifitas alias sudah usang atau mungkin sudah hampir rusak dan harus diganti. Dikantor, saya juga memiliki sebuah laptop dari perusahaan. Tapi saya merasa laptop tersebut terlalu besar, tidak fleksible dan berat apabila harus saya bawa kemana-mana. Lagipula laptop tersebut adalah milik kantor, sudah sepantasnya laptop kantor hanya dipakai untuk mengerjakan pekerjaan kantor dan bukan mengerjakan pekerjaan diluar tugas kantor. Karena alasan tersebut terbersit keinginan saya untuk memiliki laptop baru ditahun 2019 ini. Saat itu saya tidak menyebutkan brand atau tipe laptop yang saya inginkan. Hanya saja Laptop baru yang ingin saya miliki itu diharapkan dapat mendukung keinginan, yaitu menjadi blogger yang produktif. 

Laptop itu bukan lagi sebuah barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu. Saat ini, setiap orang membutuhkan laptop untuk menjalankan aktifitasnya sehari-hari, seperti bekerja, melakukan video call jarak jauh, nonton film, mendengarkan musik, menulis dan berbagai aktifitas lainnya. Karena itu, sebagai sebuah perangkat yang akan selalu hadir dalam keseharian kita, tentunya setiap orang (khususnya saya) pasti memiliki kriteria tertentu dalam memilih sebuah perangkat bernama laptop ini. Saya sendiri memiliki beberapa kriteria untuk sebuah laptop idaman saya. Kalau kamu?

 

Bermerek

Bagi saya merek itu melambangkan kualitas. Setiap pemegang merek akan selalu berusaha menjaga citra produk mereka dengan menjaga kualitas barang-barang yang mereka jual. Sebuah produk bisa memiliki harga jual yang tinggi dibandingkan produk sejenis lainnya dengan membawa nama merek di belakangnya. Karena itu, untuk membeli sesuatu saya selalu mempertimbangkan merek sebagai salah satu alasan saya jadi membeli atau tidak suatu produk. Bermerek itu belum tentu mahal, tapi yang mahal sudah pasti memiliki merek. Selain merek biasanya saya juga mempertimbangkan perusahaan yang ada dibelakang merek tersebut. Apakah perusahaan tersebut sudah berdiri lama atau masih baru? Bagaimana produk-produk lain yang dijual perusahaan tersebut? Hal-hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan kita dalam membeli sebuah produk, khususnya laptop.

Gampang dibawa Kemana-mana

Memiliki laptop yang ringan dan gampang dibawa-bawa merupakan salah satu keinginan saya saat ini. Saat ini, saya juga berprofesi sebagai seorang karyawan swasta yang memiliki jam kerja dari jam 8.30 – 17.30. Kadang saya sering kehilangan waktu untuk menulis karena tidak membawa laptop. Saya malas membawa laptop yang ada dikantor karena bentuknya besar dan berat kalau saya bawa-bawa. Dalam benak saya, kalau saya memiliki laptop yang kecil dan ringan, saya bisa memanfaatkan waktu untuk menulis ketika saya sedang menunggu suami saya saat pulang kerja atau ketika saya sedang menunggu klien ketika meeting di luar kantor.

 

Model atau Bentuknya Oke

Ada yang bilang “Don’t Judge a Book by It’s Cover“. Tapi kadang tidak dapat dipungkiri seseorang selalu menilai sesuatu dari tampilannya. Saya juga suka membeli sesuatu dengan melihat bagaimana bentuk barang tersebut, menarik dilihat atau tidak. Bahkan kadang saya berpikir apa penilaian orang kalau saya menggunakan barang tersebut. Penampilan atau bentuk sebuah benda juga menjadi penting ketika benda tersebut kita bawa kemana-mana (terlihat orang banyak) dan juga kita gunakan untuk objek photo manakala kita update konten di sosial media. Karena itu saya menginginkan sebuah laptop yang menarik dilihat.

 

Memiliki Performance Bak SuperHero

Saya ingin punya laptop yang bisa ikut bergadang bersama saya ketika sedang mengejar deadline, saya ingin laptop yang tidak lemot ketika saya ajak multitasking : buka browser, buka aplikasi, buka word dan buka-buka yang lainnya dalam waktu bersamaan. Saya juga ingin laptop yang tahan tidak saya charge berjam-jam atau laptop yang memiliki suara stereo yang bisa membawa saya hanyut dalam alunan lagu yang sedang saya dengarkan.

 

Memiliki Varian Berwarna Merah

Saya termasuk orang yang menyukai warna merah. Karena itu untuk laptop saya juga ingin memiliki laptop yang berwarna merah. menurut saya, warna merah itu keren. Warna merah juga melambangkan semangat atau sebuah keinginan yang kuat. Karena itu saya sering membeli barang-barang tertentu dengan warna merah agar saya juga selalu terlihat keren dan bersemangat.

 

Software ASLI

Say NO to Bajakan! Apa jadinya kalau kita harus ke luar negeri dan membawa laptop dengan software bajakan? Bisa-bisa laptop tersebut tertahan di bandara karena adanya peraturan tidak boleh membawa laptop dengan software bajakan apabila ke luar negeri. Karena itu saya selalu prefer menggunakan software yang asli untuk laptop saya.

 

Memiliki Memory yang Besar

Seorang blogger membutuhkan laptop dengan space yang besar untuk menaruh foto, menyimpan tulisan, menginstal  software pendukung lainnya dan juga menyimpan kesukaan lain mereka. Kalau saya, saya adalah seseorang yang suka mendengarkan lagu dan menonton drama korea. Ketika pikiran saya sedang suntuk atau tidak tahu harus menulis apa, biasanya saya menyelingi waktu saya dengan mendengarkan lagu-lagu kesukaan saya atau menonton drama yang sedang saya ikuti. lumayan buat refresing otak. Setelah pikiran jernih baru saya akan mulai untuk menulis lagi. Karena banyaknya space atau memory yang diperlukan untuk menampung itu semua, saya membutuhkan laptop yang memiliki daya tampung yang besar.

 

Memiliki Service Centre

Keberadaan service centre ini perlu untuk berjaga-jaga dengan kemungkinan terburuk dari sebuah keputusan membeli perangkat teknologi, seperti laptop. Memang seyogyanya, sebuah barang baru itu jarang rusak, tapi kemungkinan itu selalu ada. Ibarat peribahasa, sedia payung sebelum hujan. Maka sudah sepantasnya kita membeli barang elektronik yang memiliki service centre sehingga kalau ada apa-apa kita bisa langsung ke tempat tersebut.

 

User Friendly

Mengetik itu harus nyaman, begitulah pendapat saya. Terutama untuk seorang blogger yang sering mengetik berjam-jam demi sebuah konten artikel di blog mereka. Tentunya akan sangat tidak nyaman kalau laptop yang mereka gunakan tidak user-friendly atau gampang membuat lelah jari-jari. Karena itulah saya selalu menginginkan laptop saya gampang digunakan dan tidak membuat lelah ketika digunakan dalam waktu yang lama.

 

Asus merupakan perusahaan asal Taiwan yang didirikan oleh 4 (empat) orang Engineer : Wayne Hseih, Ted Hsu, MT Liao dan TH Tung. Mereka adalah enginer hebat yang memimpikan membuat sebuah perusahaan kecil dan indah. Pada tahun 1989 para Engineer tersebut membuat Cache 386/33 dan ISA 486/25 yang menjadi cikal bakal motherboard yang digunakan para perusahaan personal komputer besar dunia, seperti IBM dan ALR. Tahun 1995, Asus menjadi perusahaan pemimpin pembuat motherboard di dunia. 2 (dua) tahun setelah mendulang kesuksesan di dunia motherboard, Asus kembali menunjukkan eksistensinya dalam dunia personal computer. Tahun 1997 Asus mengeluarkan notebook pertamanya, P6300. Hingga saat ini Asus telah mengeluarkan banyak lini produk dan memenangkan banyak awards untuk produk yang mereka buat. Ada sekitar 1682 awards yang pernah diberikan kepada perusahaan asal Taiwan ini. Untuk daftar awards yang pernah didapat oleh Asus dapat dilihat pada laman berikut : Asus Awards.

Di tahun 2019 ini, Asus kembali menunjukkan eksistensinya di dunia per-laptop-an. Perusahaan ini mengeluarkan Notebook yang dikatakan sebagai Notebook berwarna-warni paling kecil di dunia. Notebook tersebut dipasarkan dengan keunggulan memiliki body yang kecil dengan layar sebesar 14 inch, 87% screen to body ratio dengan bezel yang sangat tipis. Terlampir adalah spesifikasi dari Asus Vivobook Ultra A412DA.

Spesifikasi Asus Vivobook Ultra A412DA

Tak perlu lagi khawatir dengan berat atau space besar yang diperlukan untuk membawa sebuah perangkat notebook di tas kita. Asus merancang Vivobook A412DA ini dengan sangat apik dan ciamik. Memiliki body yang slim dan berat yang hanya 1.5kg, notebook satu ini bisa menjadi partner setia untuk orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi. Kita bisa membawa notebook ini kemanapun tanpa harus khawatir bahu kita merasa lelah.

Layar 14inci saja tidak cukup membuat Asus puas untuk memanjakan para konsumennya. Asus Vivobook Ultra A412DA hadir dengan layar yang lebar dengan screen to body ratio hingga 87%. Asus melengkapi notebook colorful terkecil ini dengan NanoEdge Display dimana notebook berukuran 14inci ini memiliki ultra slim bezel dengan ukuran hanya 5.7mm.

Asus Vivobook Ultra A412DA dilengkapi dengan prosesor terbaru AMD Ryzen 3000 series, baik Ryzen 3 ataupun Ryzen 5 di Indonesia. Processor ini adalah otak komputer yang menjalankan peran sebagai pemicu bergeraknya setiap bagian dalam komputer. Menurut sebuah artikel di techradar.com AMD merupakan processor terbaik di tahun 2019 ini .
Selain diperkuat dengan processor AMD, Asus Vivobook Ultra A412DA juga dilengkapi dengan window 10 (ASLI). Hal ini membuat para user tidak perlu lagi repot-repot menginstal window di laptopnya. Kita juga tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli window 10 asli. Selain itu, laptop kecil nan mungil ini juga memiliki RAM up to 16GB yang membuat dia bekerja dengan cepat dan gak takut lemot ditengah jalan. Kita bisa mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus tanpa takut laptop itu terhenti ditengah jalan.

Asus Vivobook Ultra A412DA dilengkapi dengan fitur fingerprint sensor dan windows hello. Fingerprint sensor merupakan sebuah fitur dimana si pengguna (user) tidak perlu lagi memasukkan username dan password apabila ingin login kembali ke sistem operasi. Kita tinggal menggunakan satu jari sebagai verifikasi kepemilikan lalu kita akan langsung bisa masuk ke sistem operasi window.

Bosan dengan warna laptop yang biasa? Asus sangat mengerti dengan keinginan setiap orang untuk memiliki sesuatu yang mengambarkan atau mencerminkan dirinya. Kalau orang #jamannow bilang harus yang “Gue Banget”. Asus Vivobook Ultra A412DA menghadirkan 4 (empat) warna design yang dapat dipilih sesuai selera atau karakteristik si empunya laptop. Keempat warna tersebut adalah Transparant Silver, Slate Grey, Coral Lush dan Peacock Blue.

Sebuah perangkat laptop tidak akan lengkap tanpa adanya fitur sambungan atau konektifitas yang memadai. Sambungan ini diperlukan ketika (misalnya) kita ingin transfer data dengan orang lain dengan USB, kita ingin menyambungkan komputer dengan proyektor ataupun kita ingin sekedar memindahkan data/foto/video dari handphone ke laptop dan sebaliknya. Untuk kelancaran konektifitas ini, Asus melengkapi Vivobook Ultra A412DA dengan berbagai tipe port, seperti : USB-C*3.1, USB 3.1, USB 2.0, HDMI, Micro SD Reader dan Security SLot.  Untuk sambungan nirkabel pun tidak perlu diragukan lagi karena didalam laptop kecil ini ada dual band wifi 5 (802.11ac) yang memiliki kecepatan online hingga 867Mbps.

Untuk kenyamanan penggunanya, Asus melengkapi Vivobook Ultra A412DA dengan beberapa fitur pendukung yang berhubungan dengan kenyamanan dalam mengetik atau menggunakan laptop tersebut. Notebook berukuran 14inci ini dilengkapi dengan keyboard yang memiliki key travel (jarak antara 1 key dengan key lainnya) sebesar 1.3mm. Jadi tidak perlu khawatir hasil ketikan kita akan banyak typo karena jarak key yang terlalu dekat atau terlalu jauh. Agar konsumen merasa lebih yakin lagi dengan kemampuan keyboard yang digunakan pada notebook compact ini, Asus telah menguji kekuatan keypads sebanyak 10.000 kali ketukan.

Terimakasih kepada Asus yang melengkapi Asus Vivobook Ultra A412DA ini dengan Asus SonicMaster. Sebagai notebook yang didaulat sebagai Notebook Colorfull terkecil di kelasnya, Asus Vivobook Ultra A412DA tetap memiliki suara speaker yang powerfull, jernih dan tajam. Asus Golden Ear Team memastikan bahwa speaker yang ditempatkan pada notebook ini benar-benar dalam posisi yang tepat.

Baterai cepat habis, perlu waktu lama untuk mengisi daya atau khawatir baterai mengalami overheat karena kita kelupaan mencabut charger dari colokan listrik. Please lupakan hal itu karena sekarang ini Asus melengkapi baterai yang dipakai untuk Notebook Vivobook Ultra A412DA dengan baterai polimer lithium kualitas tinggi. Untuk mengisi daya 60% kita hanya perlu waktu lebih kurang 49 menit saja, lalu untuk daya tahan baterai pun sudah lebih lama 3x daripada baterai laptop pada umumnya, sedangkan untuk sifat manusiawi kita (yang tidak luput dari sifat pelupa, termasuk lupa mencabut colokan) Asus melengkapi notebook ini dengan Asus Battery Health Technology yang membuat laptop ini terhindar dari kemungkinan baterai membengkak atau rusak.

 

Blogger masa kini itu apa sih? Apa bedanya dengan Blogger biasa?

Pertanyaan itu mungkin akan terbersit di benak orang-orang yang membaca judul saya di atas. Ini sebenarnya pendapat pribadi ya, jadi saya mengambil kesimpulan ini bukan dari sebuah buku, jurnal atau kutipan seseorang. Menurut saya, blogger itu sendiri sudah mengalami transisi atau perluasan makna. Jaman dahulu, blogger hanya sebutan untuk seseorang yang menulis di blog. Namun jaman sekarang (atau seperti yang saya sebut di atas blogger masa kini), Kalau dahulu mungkin para blogger hanya senang menulis dan berbagi dalam sebuah blog yang mereka miliki, tapi blogger masa kini memiliki pengertian dan arti yang lebih mendalam lagi. Blogger saat ini bukan hanya berarti sebuah hobi tapi bisa menjadi sebuah profesi. Seorang blogger bukan hanya menulis karena ingin menulis untuk diri mereka sendirim tapi sekarang seorang blogger juga dituntut menulis untuk orang lain, menulis konten yang pada akhirnya ingin memenangkan hati para pembacanya. Karena perluasan makna inilah blogger masa kini banyak memerlukan skill lain, seperti membuat infografis dan menata layout tampilan blog agar blognya terlihat lebih menarik dan eye-catching. Untuk mendukung keinginan itulah seorang blogger perlu didampingi oleh perangkat yang handal dan mumpuni. Dan menurut saya, kriteria laptop handal dan mumpuni ini bisa ditemukan pada laptop Asus, khususnya seri Vivobook Ultra A412DA.

Kenapa??????

Laptop Kecil nan ringan yang mudah dibawah kemana saja

Seorang blogger masa kini pastinya memiliki mobilitas yang tinggi. Apabila mereka giat mengikuti event, membuat review atau sering mendapat undangan untuk mereview produk maka mereka sangat membutuhkan notebook yang kecil dan ringkas agar bisa dibawa kemana-mana. Asus Vivobook Ultra A412DA memiliki body yang kecil (Ukuran 14inc) dan juga berat yang cukup ringan (hanya 1.5kg). Dengan body yang kecil dan berat ringan ini seorang pria atau wanita bisa sama-sama menaruhnya didalam tas mereka dengan mudah. Tas yang dibawa tidak perlu terlalu besar dan apabila dibawa-bawa dalam jangka waktu lamapun tidak masalah karena pundak tidak akan terasa lelah dan letih.

 

Performance handal untuk berbagai aktifitas pendukung para blogger

Seorang blogger masa kini pasti tidak hanya membutuhkan laptop dan internet untuk mendukung kerja mereka. Blogger masa kini juga membutuhkan berbagai aplikasi untuk mempercantik blog mereka, seperti aplikasi untuk membuat infografis, membuat tenplate atau membuat gambar tertentu yang biasanya memerlukan aplikasi software tambahan, seperti Photoshop, Corel Draw atau Adobe Ilustrator. Blogger masa kini juga memerlukan laptop dengan kerja yang cepat walaupun saat itu mereka sedang membuka berbagai aplikasi. Untuk hal itu, para blogger masa kini tidak perlu khawatir karena Asus Vivobook A412DA diperkuat dengan processor dari AMD, RAM hingga 16GB dam Memory Internal dan Extrnal yang cukup besar.

 

Memiliki beragam warna yang dapat dipilih, dari warna yang kalem elegant hingga cerah menawan

Setiap blogger itu pasti memiliki warna kesukaan yang berbeda-beda. Dan sudah menjadi tren atau kebiasaan saat ini, ketika update konten di sosial media kita ingin menampilkan apa yang kita punya atau apa kesukaan kita karena itu akan merepresentasikan sifat atau karakter diri kita. Warna-warni yang ditawarkan oleh Asus Vivobook Ultra A412DA ini sangat menarik karena setiap warna memiliki arti dan makna yang berbeda-beda.

Ketahanan battery yang lama

Rasanya pasti kesal ketika kita sedang seru-serunya mengetik karena inspirasi sedang mengalir deras, dan tiba-tiba laptop di depan kita menunjukkan indikator baterai yang sekarang. Eng-ing-eng! Dengan tergopoh-gopoh kita pasti cari mencari tempat untuk meng-charge baterai laptop yang sudah hampir mati tersebut. Parahnya lagi, terkadang apa yang kita cari itu tidak ketemu dan akhirnya membuat kita gigit jari karena layat laptop kita sudah berwarna hitam alias mati ditempat. Asus Vivobook Ultra A412DA ini dilengkapi dengan baterai lithium berkualitas tinggi sehingga baterai yang ada di laptop ini lebih handal dan kuat 3 kali lipat dibanding laptop biasa. Selain tahan lama, Asus Vivobook Ultra A412DA juga memiliki kemampuan mengisi daya yang lebih cepat. Hanya dalam waktu 49 menit kita sudah bisa tersenyum senang karena baterai kita sudah terisi hingga 60%.

Nyaman mengetik berjam-jam

Asus Vivobook Ultra A412DA memiliki keyboard yang nyaman untuk mengetik walaupun dalam jangka waktu yang lama. Notebook yang digaung-gaungkan memiliki body yang slim dan compact ini memiliki 1.3mm key travel dan dilengkapi dengan fitur backlit yang memudahkan kita mengetik di tempat gelap. Kenyamanan ini ditambah lagi dengan fitur Ergolift engsel yang membuat kita lebih nyaman menatap layar di depan kita karena dibuat lebih miring 2 derajat. Fitur ergolift engsel ini juga diperuntukkan agar bagian bawah laptop lebih memiliki ruang untuk bernafas sehingga tidak cepat panas ketika digunakan dalam waktu yang lama.

Memiliki layar yang lebar

Asus Vivobook Ultra A412DA memiliki layar yang lebar dengan screen to body ratio 87% dan bezel yang super duper tipis (hanya 5.7mm temanss). Fitur ini sangat menyenangkan bagi orang-orang yang memiliki intensitas tinggi dalam mengetik dan melihat layar laptop, seperti saya atau blogger lainnnya. Layar yang lebar membuat mata lebih nyaman ketika melihat hasil ketikan atau layar yang ada di depan. Seorang blogger pastinya akan sering menatap layar laptop, blogger masa kini juga biasanya akan sering membuat infografis, tabel atau hal lainnya yang membutuhkan layar yang lebar dan luas. Dengan layar yang lebar mata akan lebih nyaman dan tidak cepat lelah.

Kemudahan dan Rasa Aman yang melebur menjadi satu

Notebook Asus Vivobook Ultra A412DA memberikan rasa mudah kepada penggunanya dengan menghadirkan Windows Hello untuk login cepat ke sistem operasi. Jadi ketika kita ingin meninggalkan laptop sebentar dan kemudian login kembali, kita tidak perlu susah-susah memasukkan username dan password. Cukup dengan sentuhan jari (fingerprint sensor) yang kita daftarkan sebelumnya, kita bisa langsung masuk ke windows. Gampang kan! Fitur ini membuat hidup menjadi lebih mudah. Kita bisa merasa aman karena securitynya hanya bisa terbuka ketika kita yang login, tapi keamanan itu juga memudahkan karena hanya dengan sentuhan jari kita bisa langsung login dan masuk ke sistem operasi windows.

Melihat beberapa keunggulan yang dimiliki Asus Vivobook Ultra A412DA ini, tidak heran jika laptop dengan pilihan 4 (empat) warna ini menjadi laptop idaman para blogger masa kini (termasuk saya).

 

Sumber :

https://www.asus.com/About-ASUS-History/

https://asus.com/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA

https://channel.asus.com

 

Leave a Reply