Menjadi Lebih Produktif dan Kreatif dengan Samsung Galaxy C9 Pro

(By : Nissa AMS)

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke Samsung Experience Store (SES) yang berlokasi di Mall Pejaten Village. Kedatangan saya ke tempat ini bukanlah tanpa alasan atau hanya iseng belaka, kedatangan saya kesini karena saya ingin mencoba dan meng-explore fitur-fitur yang terdapat pada smartphone Samsung. Saya tahu di internet ada banyak review yang sudah membahas berbagai macam tipe Samsung yang beredar di Indonesia. Namun saya ingin mencoba sendiri dan memastikan bagaimana fitur-fitur yang ditawarkan oleh smartphone tersebut.

Infopedia

Samsung Experience Store merupakan tempat dimana Anda bisa mencoba dan meng-explore fitur berbagai tipe smartphone dari Samsung. Apabila sudah mendapatkan smartphone yang Anda mau, Anda juga bisa langsung melakukan pembelian di tempat ini

Sebelumnya, saya sempat merengek-rengek ke suami saya untuk dibelikan handphone baru. Pasalnya smartphone yang saya punya saat ini sepertinya sudah perlu di-upgrade ke smartphone dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Maklum, smartphone saya sudah berumur cukup lama, saya membeli Samsung Galaxy ACE 3 ini sekitar 3 tahun yang lalu. Dijaman itu handphone ini memang termasuk yang WoW, namun saat ini Samsung telah banyak berinovasi dan mengeluarkan banyak produk unggulan yang lumayan membuat saya ngiler. Apalagi kalau melihat berbagai review di dunia maya yang menceritakan bagaimana kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh smartphone Samsung tersebut.

Samsung ACE 3 yang sudah lebih dari 3 tahun menemani perjalanan hidup saya. Sampai saat ini handphone ini masih sangat tangguh. Sebagai informasi, foto wallpaper di handphone tersebut adalah Taeyeon, salah satu artis korea favorit saya, jadi bukan saya ya.. (Sumber Foto : Dokpri)

Kenapa Samsung lagi ?

Bisa dikatakan, keluarga saya adalah keluarga Samsung. Saya menggunakan Samsung Galaxy ACE 3, Suami menggunakan Samsung J3, Ibu saya menggunakan Samsung J5, Ayah saya menggunakan Samsung Note 3 dan adik saya sendiri menggunakan samsung Galaxy Duos. Selain karena tidak ingin dipecat jadi anggota keluarga (beda sendiri dengan yang lain), saya sudah benar-benar cinta dengan merek satu ini. Bisa dikatakan smartphone yang saya punya saat ini tidak pernah rewel. Yang bermasalah hanyalah saat saya ingin menginstal banyak aplikasi tapi memory-nya tidak memadai (Memory internal ACE  3 hanya 4GB) atau apabila sudah menjalankan banyak aplikasi loadingnya mulai lama (RAM Ace 3 hanya 1GB). Tapi walaupun begitu saya merasa handphone saya ini sudah sangat membantu dalam kegiatan saya sehari-hari.

Keluarga Samsung. Smartphone yang dimiliki masing-masing anggota keluarga saya. Sumber Foto : Dokpri)

Ketika sudah sampai di Samsung Experience Store saya menemukan begitu baaanyak tipe smartphone yang membuat saya bingung.

“Ini mau nyobain yang mana dulu ya..?” pikir saya waktu itu.

Akhirnya saya memutuskan untuk mulai melihat-lihat dari ujung kanan ruangan dan mengitari satu persatu smartphone yang ada di sana. Melihat-lihat papan petunjuk yang ada di samping setiap smartphone sambil menimbang-nimbang tipe apa yang ingin saya coba.

Lalu sampailah saya di tengah ruangan, dimana mata saya terpikat pada salah satu tipe dari Samsung Galaxy.

Samsung Galaxy C9 Pro

Penampakan Samsung Galaxy C9 PRO di SES Mall Peaten Vilage. (Sumber Foto : Dokpri)

Selain karena melihat tulisan di samping smartphone tersebut yang menjelaskan secara singkat kelebihan dari  Samsung Galaxy C9 Pro, saya juga jadi teringat dengan tujuan saya ingin memiliki smartphone baru, yaitu ingin lebih produktif dan kreatif agar menjadi blogger professional.

Loh, emang blogger perlu smartphone yang canggih juga? bukannya cuma butuh yang buat nelpon, chatting dan SMS saja?

Menanggapi pertanyaan tersebut saya hanya bisa tersenyum penuh arti. Perlu diketahui bahwa fungsi sebuah smartphone bagi seorang blogger bukan hanya sebagai alat untuk berkomunikasi saja. Saat ini kebutuhan tersebut sudah meluas  menjadi sebuah alat yang dapat membantu berbagai pekerjaan yang kita lakukan setiap hari. Sebuah smartphone dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih professional di bidangnya. 

SAMSUNG GALAXY C9 PRO

Pada bulan April lalu (April 2017), Samsung Galaxy C9 PRO resmi dirilis di Indonesia. Smartphone yang awalnya hanya dipasarkan di China dan India ini menawarkan fitur-fitur PRO yang dapat dinikmati dengan harga hampir 7 juta rupiah. Harga tersebut rasanya pantas disematkan pada smartphone ini mengingat banyaknya kelebihan-kelebihan yang ditawarkan, seperti :

 

PRO CAMERA

PRO DISPLAY

PRO BATTERY

PRO PERFORMANCE

PRO MEMORY

PRO DESIGN

PRO CAMERA

Samsung Galaxy C9 Pro dilengkapi dengan kamera depan dan belakang 16 MP dan juga dual LED Flash. Tangkap momen berharga dalam resolusi tinggi dengan kamera belakang 16 MP yang dilengkapi auto focus. Selfie dalam kondisi minim cahaya tidak menjadi kendala menggunakan kamera depan 16 MP dengan bukaan diafragma F/1.9. Untuk memberikan sentuhan artistik gunakan berbagai filter dan fitur-fitur terintegrasi pada Samsung Galaxy C9 Pro. 

PRO BATTERY

Tidak perlu khawatir dengan konsumsi daya yang boros karena Samsung Galaxy C9 Pro dipersenjatai dengan baterai 4.000 mAh dan fitur penghemat baterai, Ultra Power Saving mode yang dapat memperpanjang waktu pakai.

PRO MEMORY

Samsung Galaxy C9 Pro dilengkapi dengan memori internal sebesar 64GB dan dapat ditambah hingga 256 GB  dengan menggunakan MicroSD. Penyimpanan file msuik, video atau aplikasi menadi lebh luas. Produktifitas meningkat.

PRO DISPLAY

Mata Anda akan dimanjakan dengan layar besar berukuran 6 inch dan juga layar FHD sAMOLED yang memberikan tampilan warna yang jernih, cerah dan tajam. Resolusi sebesar 1920x1080 mmembuat warna terlihat lebih kaya dan detail seperti aslinya. 

PRO PERFORMANCE

Dilengkapi dengan Processor Qualcomm MSM8976 Snapdragon 653 octa-core  dan GPU Adreno Adreno 510, smartphone samsung galaxy C9 Pro ini menjadi smartphone canggih yang hemat dan bertenaga. Ditambah dengan kapasitas RAM yang besar, yaitu 6GB, Samsung Galaxy C9 Pro menjadi smartphone ideal yang mendukung pekerjaan anda sehari-hari. Anda bisa mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan, seperti chatting, update social media, menyusun rencana pekerjaan atau browsing di Internet untuk mencari kebutuhan Anda.

PRO DESIGN

Siapa yang tidak terpikat dengan tampilan elegant nan stylist dari Samsung Galaxy C9 PRO? Didesain dengan menggunakan teknologi Unibody Full Metal, Samsung berhasil menghadirkan kemewahan dalam tampilan luar Samsung Galaxy C9 Pro. Bukan hanya terlihat mewah, smartphone ini juga memberikan kenyamanan pada penggunanya. Kenyamanan tersebut hadir karena smartphone Pro ini memiliki bobot yang ringan (188 gr) dan body yang mudah digenggam.

Apa yang Membuat Samsung Galaxy C9 Pro dapat membuat saya menjadi seorang professional?

Professional merupakan sudah label yang diberikan seseorang yang sudah ahli dalam pekerjaannya. Untuk seorang blogger, profesionalitas ditandai dengan semakin produktifnya ia dalam menulis dan adanya keahlian membuat tulisannya menjadi lebih kreatif dibanding yang lainnya. Berikut adalah hal-hal yang membuat Samsung Galaxy C9 Pro dapat membantu saya menjadi seorang blogger professional.

Blogger kan tugasnya menulis di blog, lalu apa hubungannya dengan kamera handphone?

Nah, blogger jaman sekarang bukan lagi hanya menulis. Seorang blogger juga harus bisa memvisualisasikan apa yang ia tuliskan, salah satu caranya adalah dengan melalui foto. Sebuah foto dapat memperkuat perhatian pembaca pada sebuah tulisan yang ia baca. Karena itu, foto yang ada juga harus jelas dan cerah agar bisa terlihat jelas apa yang ada dalam foto tersebut. Terkadang kalau lagi tidak beruntung, saya sering dihadapkna pada suatu kondisi harus mengambil foto diruangan yang kurang akan cahaya. Akibatnya hasil foto yang dihasilkan pun menjadi agak blur. Maklum, kamera utama handphone saya hanya sebesar 5MP, jadi saya harus berpuas diri dengan hasil yang ada. Kadang saya suka meminjam handphone suami atau ibu saya, tapi tentu saja hal itu membuat saya jadi tidak produktif.

Makanya ketika melihat spesifikasi dari Samsung Galaxy C9 Pro yang memiliki resolusi kamera depan dan belakang 16MP saya langsung tercengang.

"I wantt itt....!!", pekik saya dalam hati

Selain itu, seorang blogger saat ini juga dituntut harus akrab dengan social media. Ketika menulis sesuatu di blog, tak jarang saya mempromosikan tulisan tersebut lewat Instagram. Facebook atau twitter. Dan ketika memposting tulisan tersebut, biasanya saya akan menambahkan foto-foto yang menarik, ntah itu foto diri saya atau foto yang berhubungan dengan tulisan saya. Samsung Galaxy C9 Pro memiliki banyak fitur menarik yang berhubungan dengan kameranya. Coba lihat ini, ketika hendak mengambil foto, kita diminta untuk langsung memilih berbagai fitur yang ingin kita gunakan. Dari mulai selfie, selfie besar hingga membuat foto berbentuk gif.

"Oh My God!! Sangat menarik!!"

Terlebih lagi kamera di Samsung Galaxy C9 Pro juga sudah terintegrasi dengan berbagai aplikasi lain seperti instagram dan B612. Kita juga bisa langsung menambahkan berbagai filter untuk foto yang kita ambil. Jadi tidak perlu menginstal aplikasi lain untuk bisa menambahkan filter di foto kita.

Kalau dengan smartphone yang saya punya sekarang, saya sering keki karena daya tahan baterainya tidak lama. Samsung ACE 3 hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 1500 mAh, jadi saya harus selalu menyediakan power bank atau charger untuk jaga-jaga kalau smartphone saya mati tiba-tiba. Berbeda halnya dengan Samsung Galaxy C9 Pro, baterai yang tersedia adalah sebesar 4000 mAh yang artinya hampir 3x ketahanan smartphone lama saya. Saya jadi tidak perlu khawatir apabila sedang on duty atau sedang dalam perjalanan. Samsung Galaxy C9 Pro akan setia menemani saya. Dengan begitu saya bisa jadi lebih produktif setiap hari. Ketika sedang dalam perjalanan saya bisa mengedit foto-foto yang ingin saya tampilkan di blog saya, atau saya bisa mencari bacaan-bacaan yang bisa memberikan ide segar di kepala saya untuk tulisan yang akan saya buat.

Bayangkan apa yang dapat kamu lakukan dengan memory sebesar 256 GB yang ada di smartphone kamu? Kalau saya, dalam pikiran saya sudah tersimpan daftar berbagai lagu dan video yang ingin saya download dan saya simpan di dalam smartphone. Bukan hanya lagu atau video untuk entertainment, tapi saya juga bisa menyimpan video-video tutorial yang dapat saya gunakan untuk memperbanyak keahlian saya, khususnya dalam hal blogging. Banyak loh tutorial di youtube yang berhubungan dengan wordpress (seperti : plugin, layout, page builder dll) yang dapat saya pelajari agar dapat mempercantik tampilan blog saya. Saya juga dapat membuka lagu atau video tersebut dimanapun. Kalau harus membuka laptop kan mesti lihat situasi dan kondisi. Tidak mungkin kita membuka laptop di busway bukan? Tapi kalau smartphone hal tersebut bisa menjadi sangat memungkinkan.

Apa pentingnya layar dengan teknologi Super AMOLED yang dimiliki olehSamsung C9 PRO untuk seorang blogger?

Kalau dipikir-pikir memang tidak ada hubungan langsung. Namun kecerahan layar tersebut berguna untuk sisi hiburan si blogger, seperti saya. Bayangkan bagaimana suntuknya kepala ketika dihadapkan pada deadline-deadline tulisan yang harus segera diselesaikan? Belum lagi rentetan pekerjaan lain yang tentunya membuat kepala kita makin pusing  keliling. 

Dengan adanya smartphone berteknologi sAMOLED ditangan saya, saya jadi bisa menikmati hiburan (seperti melihat MV dari lagu-lagu favorit saya, menonton drama korea atau bermain game) dengan mata berbinar-binar. Hal itu karena Samsung C9 PRO memiliki resolusi 1920x1080MP yang memiliki warna yang detail dan menyerupai aslinya.

Pikiran tenang, hati senang, produktivitas pun akan menigkat dengan sendirinya.

Samsung Galaxy C9 Pro dilengkapi dengan RAM 6GB yang mebuat saya dapat melakukan pekerjaan multi-tasking dengan baik. Aplikasi yang banyak dan kuota RAM yang sedikit akan membuat smartphone berjalan lambat dan bisa menyebabkan hang atau berhenti beroperasinya smartphone secara tiba-tiba. Ketika sedang memegang smartphone, sering kita merasa ‘gatel’ untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Membuka Facebook, Twitter, InstaGram, Browsing artikel menarik serta chatting dengan teman merupakan hal yang sering saya lakukan. Namun keterbatasan RAM di handphone lama saya membuat saya harus menutup beberapa aplikasi sebelum memulai aplikasi yang lain.

Hal ini membuat saya menjadi tidak produktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari saya, khususnya untuk hal-hal yang mendukung kegiatan blogging yang saya lakukan. Dengan adanya memory RAM sebesar 6GB serta processor OctaCore, saya yakin akan menjadi blogger produktif karena dapat mengerjakan pekerjaan secara bersamaan tanpa ada gangguan lag ditengah jalan.

Kata orang, "dont judge a book by its cover" yang artinya segala sesuatu itu jangan dilihat dari penampilannya, tapi lihatlah isinya. Tapi dalam hal profesionalitas, penampilan itu penting. Ketika kita menghadiri suatu pertemuan, maka orang-orang akan menilai apapun yang kita kenakan, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, termasuk handphone.

Samsung Galaxy C9 Pro memiliki design yang stylish dan elegant. Setiap orang yang melihat penampilan dari smartphone ini pasti akan berdecak kagum. Dan tentunya hal ini akan menambah nilai kita dimata orang lain. Seorang blogger, terkadang diharuskan menghadiri suatu pertemuan atau acara dimana dari acara tersebut nantinya akan dituangkan dalam tulisan. Untuk melengkapi tulisan tersebut tentunya kita perlu foto-foto yang tak jarang kita ambil dengan menggunakan smartphone. Dan saat itulah mau tak mau orang akan melihat smartphone yang kita gunakan untuk memotret.

Selain design yang stylish dan elegant, Samsung Galaxy C9 pro memiliki bobot yang ringan, hanya 189 gr. Hal ini membuat kita tidak perlu bersusah payah membawa kamera dslr yang lumayan berat ditaruh di dalam tas. Selain itu, ketebalan body yang hanya 6.9mm membuat kita nyaman menggenggam smartphone ini.

Akhir kata, TWO THUMBS UP untuk Samsung yang terus berinovasi sehingga selalu menghadirkan produk-produk unggulan seperi Samsung Galaxy C9 PRO. Memiliki sebuah smartphone dengan fitur-fitur PRO dapat membuat kita, khususnya saya, menjadi seorang yang PRO dalam pekerjaan yang kita lakukan. Dalam hal ini, karena saya seorang blogger, maka saya yakin akan menjadi blogger professional karena produktivitas dan kreativitas yang saya hadirkan dalam setiap tulisan saya. produktivitas dan kreativitas tersebut dapat saya lakukan dengan bantuan Samsung Galaxy C9 PRO. Percayalah bahwa profesionalitas ada dalam dirimu.

#THEPROINYOU

Sumber Referensi : http://www.samsung.com; https://tekno.tempo.co; https://www.droidlime.com

Posted in BLOGPOST, TEKNOLOGI and tagged .

4 Comments

Leave a Reply