Keinginanku di Tahun 2018 ini: Menjajal Dunia Desain Grafis

Keinginanku di Tahun 2018 ini: Menjajal Dunia Desain Grafis

Dulu ketika masih bekerja di salah satu perusahaan swasta di Jakarta, ada seorang teman yang memberikan tantangan kepadaku. Tantangannya sebenarnya simple, tapi karena waktu itu aku malas mencari tahu maka dengan mudah aku kalah WO (Walk Out : Kalah karena mengundurkan diri atau tidak ada usaha apa-apa) dari dia. Waktu itu dia bertanya, “Kamu bisa nggak membuat gambar kayak gini?” Katanya sambil menunjukkan sebuah gambar di layar monitor berupa sebuah jeruk yang memiliki mulut dan gigi.

Kursus Desain Grafis, Desain Grafis

Ketika itu aku memang tidak tahu bagaimana membuat gambar tersebut. Karena saat itu tugasku adalah bertemu klien, presentasi dan negosiasi, maka keahlian lain diluar itu menjadi hal yang tidak menarik perhatianku. Kalau diingat-ingat, sebenarnya dulu aku sering dibuat kagum dan takjub oleh gambar-gambar yang dibuat oleh banyak advertiser untuk mengiklankan produk mereka. Melihat sebuah papan reklame dengan gambar-gambar unik adalah kesenangan tersendiri buatku yang dilanda suntuk karena macetnya ibukota Jakarta. Baru beberapa tahun ini aku tahu kalau gambar-gambar tersebut hasil racikan para desain grafis dengan memanfaatkan software bernama photoshop. Sebuah aplikasi yang bisa mewujudkan ide-ide gila manusia kedalam bentuk visual.

Tahun lalu, aku mulai aktif mengikuti kontes blog yang diadakan oleh beberapa perusahaan dan agency di Indonesia. Dari banyak kontes yang aku ikuti, aku selalu memperhatikan tulisan-tulisan yang dibuat oleh peserta lainnya. Aku sering terpesona melihat tulisan yang di dalamnya terdapat gambar ilustrasi atau infografis. Aku selalu ingin membuat gambar-gambar seperti itu. Aku tahu itu dibuat dengan menggunakan photoshop atau corel draw, tapi apalah daya, aku tidak mengerti bagaimana membuatnya. Kadang ada juga peserta membuat ilustrasi berupa animasi berbentuk gambar yang bisa bergerak-gerak (GIF), namun lagi-lagi aku hanya bisa menelan ludah karena tidak tahu cara membuatnya.

Akhir tahun lalu, disaat orang-orang sibuk membuat evaluasi pencapaian tahun 2017 dan menyusun resolusi 2018, aku juga membuat resolusiku sendiri. Ada beberapa resolusi yang kubuat di tahun ini, namun salah satunya adalah aku ingin ikut kursus desain grafis. Tahun lalu aku sudah mulai mencari-cari informasi perihal kursus atau les yang berhubungan dengan photoshop, corel dan flash animasi. Dari hasil pencarianku tersebut didapatlah sebuah benang merah bahwa semua keahlian tersebut tergabung dalam satu nama, yaitu desain grafis. Sebenarnya cakupan desain grafis itu sangat luas, biasanya kita bisa membedakannya kedalam 5 bagian : Printing, web desain, logo, desain produk dan film. Nah, untuk tahun ini yang ingin aku pelajari adalah desain grafis yang berhubungan dengan printing, web desain dan logo. Beberapa software yang ingin aku kuasai adalah Adobe Illustrator, CorelDraw dan Photoshop.

Membayangkan diriku yang sudah bisa menguasai ilmu desain grafis adalah hal yang menyenangkan. Bukan hanya menyenangkan tapi buatku itu adalah suatu hal yang keren dan mengagumkan. Bayangkan, aku yang dulunya pernah kalah dari tantangan teman karena tidak mengerti apa-apa tentang  photoshop. Kemudian di akhir tahun 2018 ini berubah menjadi seseorang yang ahli desain grafis. Wow. Kerenkan!

Sebenarnya tujuanku ingin ikut kursus Desain Grafis bukan kerena ingin membalas tantangan dari temanku. Tujuan utamaku kursus desain grafis adalah karena aku ingin mempercantik blogku dengan ilustrasi-ilustrasi menarik yang kiranya dapat memikat mata pembaca. Semoga dengan adanya gambar-gambar tersebut pembaca akan lebih suka dan betah untuk berkunjung. Semoga juga dengan adanya gambar-gambar ciamik itu, aku bisa memenangkan lebih banyak lomba blog yang aku ikuti tahun ini dan tahun-tahun berikutnya (Amiin).

kursus desain grafis, desain grafis

Tujuan lain dari keinginanku untuk bisa desain grafis adalah karena keahlian ini banyak dibutuhkan di dunia freelance. Banyak orang yang membutuhkan jasa desain grafis untuk membuat berbagai kebutuhan marketing mereka, seperti membuat logo, brosur, pamflet, majalah dan lain sebagainya. Bisa dibilang keahlian ini adalah keahlian yang sangat berpotensi untuk mendapatkan job setiap saat. Saat ini, pekerjaan yang bisa aku lakukan di rumah adalah pekerjaan-pekerjaan freelance atau pekerjaan yang tidak mengikat waktu. Walaupun saat ini aku berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang (seharusnya) hanya mengurus rumah, anak dan suami. Tapi dalam lubuk hatiku, aku ingin memiliki sesuatu yang lain. Aku tidak ingin hanya dikenal sebagai ibu rumah tangga saja, tapi aku ingin dikenal sebagai blogger dan design grafis. Walaupun aku bukan wanita karir yang bisa menghasilkan uang sendiri dengan bekerja di perusahaan-perusahaan berkelas, tapi aku akan merasa cukup bangga ketika aku bisa memperoleh penghasilan sendiri hanya dari rumah dan dari depan laptop. Dengan begitu kebutuhan keluargaku tidak terbengkalai, keinginan pribadiku pun tetap bisa berjalan dengan baik.

Seperti itulah resolusiku di tahun ini. Semoga pada akhir tahun nanti aku bisa tersenyum bahagia karena resolusiku bisa tercapai dengan baik.

2 Replies to “Keinginanku di Tahun 2018 ini: Menjajal Dunia Desain Grafis”

Leave a Reply