Menikmati Masa Tua Yang Indah

(Sumber Foto : abbottfamily.co.id)

Apa yang Terjadi pada Anda di Masa Depan Merupakan Hasil dari Keputusan Anda Hari Ini

Masa tua adalah masa dimana seseorang sudah memasuki usia tertentu, bisa dikatakan masa dimana seseorang sudah tidak produktif lagi atau bisa juga diartikan masa ketika seseorang sudah memasuki saat pensiun (apabila Ia adalah pekerja kantoran). Kehidupan seperti apa yang kita inginkan saat kita tua nanti? kehidupan yang bahagia atau kehidupan yang tidak bahagia. Bahagia disini berarti kita menjalani hidup dengan tenang, tidak ada beban pikiran yang dapat menimbukan terganggunya kesehatan fisik dan mental kita. Kehidupan yang tidak bahagia dapat berarti bahwa untuk bertahan hidup sehari-hari pun kita tetap harus berjuang keras seperti masih muda dulu, padahal tentunya kondisi fisik orang yang sudah berumur (baca: usia tua) dan yang masih muda tentu berbeda. Lalu, apakah kita dapat menikmati kehidupan masa tua yang bahagia? Segala sesuatunya bisa terjadi apabila kita merencanakannya dengan baik. Bagaimana kita menjalani masa tua kita nanti merupakan buah dari apa yang kita tanam saat kita masih muda.

 

(Sumber Foto : 123RF.com)

Ketidakpastian Masa Depan : Kesulitan Finansial dan Kesehatan Buruk

Ketika kita sudah mengetahui apa yang kita inginkan dihari tua nanti, kita perlu mengetahui apa yang menjadi penghalang dari keinginan kita tersebut. Hal mendasar yang menjadi keinginan saat kita tua adalah memiliki finansial dan kesehatan yang baik. Apa artinya finansial baik tetapi kesehatan tidak? Dan begitu pula sebaliknya, bagaimana jika kesehatan kita baik tanpa didukung finansial yang baik, apa yang akan kita lakukan? Kehidupan kita sehari-hari bisa kita jalani dengan dukungan finansial yang baik. Paling tidak, sehari-hari kita pasti membutuhkan uang untuk makan bukan?

Nah, finansial yang baik dan kesehatan yang baik, apakah itu semua pasti bisa kita dapatkan? Jawabannya tentu tidak. Masa depan itu adalah sesuatu yang tidak pasti. Bisa jadi saat ini kita berkecukupan, namun belum tentu hal yang sama terjadi dengan kita di masa yang akan datang. Lalu, bagaimana agar semuanya bisa sesuai dengan harapan kita? Tentunya kita perlu perencanaan yang baik mulai saat ini. Sedari muda kita sudah harus merencanakan apa yang harus kita lakukan agar masa tua/pensiun kita menjadi indah seperti yang kita harapkan. Jadikan hal tersebut menjadi gaya hidup kita, sesuatu yang rutin kita jalankan setiap harinya.

(Sumber Foto : arbamedia.com)

 

Persiapan 1 : Keuangan

Dalam mempersiapkan keuangan kita di masa tua nanti, pertama-tama kita harus tahu kehidupan masa tua seperti apa yang kita inginkan. Apabila kita ingin hidup biasa-biasa saja, dengan kata lain yang terpenting adalah terpenuhi kebutuhan dasar untuk hidup, maka dana yang kita perlukan tidaklah banyak. Berbeda halnya apabila kita menginginkan kehidupan yang ‘wah’, misalnya, kita ingin hidup tua dengan bergaya hidup mewah, bisa membeli pakaian bermerek atau bisa jalan-jalan ke luar negeri, maka dana yang kita butuhkan akan sangat besar.

Dari kedua macam gaya hidup tersebut, ada hal yang perlu kita lakukan dari saat kita mulai bekerja, yaitu menabung. Perlu digaris bawahi, menabung di sini bukan tabungan yang bisa kita ambil setiap saat yaa. Tapi lebih kepada menyisihkan sebagian uang kita setiap bulan untuk ditaruh pada suatu lembaga yang memberikan jaminan hari tua kita nanti. Lembaga disini bisa yang memang diwajibkan dari kantor tempat kita bekerja atau bisa juga di tempat lain.

(Sumber Foto : bpjsketenagakerjaan.com)

Pemerintah sudah memberikan satu kebijakan penting yang mendukung kesejahteraan masyarakat dihari tuanya, yaitu setiap perusahaan diharuskan memasukkan benefit BPJS Ketenagakerjaan ke dalam komponen remunerasi karyawannya. Dan yang menggembirakan adalah karyawan tidak harus menanggung 100% terhadap pembayaran perbulan dari fasilitas ini, ada yang dibebankan ke karyawan dan ada yang dibebankan ke perusahaan. Dengan menjadi anggota dari BPJS, sebenarnya secara tidak langsung kita telah menabung untuk dana pensiun kita. Hal tersebut dikarenakan dana yang sudah kita bayarkan tersebut bisa kita ambil ketika kita pensiun. namun, apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan kepada kita (baca: meninggal sebelum usia pensiun), maka dana pensiun tersebut bisa diwariskan kepada ahli waris kita. Dalam hal ini, program pemerintah ini sudah memberikan jaminan pensiun dan jaminan hari tua untuk kita. Untuk pekerja yang bukan pekerja penerima upah bulanan, pemerintah juga telah menyiapkan BPJS BPU (Bukan Pekerja Upah).

Berbeda halnya apabila kita merencanakan gaya hidup mewah dimasa tua. Kita harus menabung lebih untuk itu. kita bisa mengikuti program-program lain yang ditawarkan oleh bank atau asuransi yang ada di Indonesia. Namun tentunya, merencanakan gaya hidup mewah dihari tua akan menuntut Anda menyisihkan lebih banyak gaji bulanan Anda saat ini. Tidak apa-apa jika memang Anda mampu, namun jika tidak maka saya sarankan jangan dipaksakan.

(Sumber Foto : sukmamedika.com)

 

Persiapan 2 : Kesehatan

Kesehatan merupakan suatu hal tidak bisa diprediksi. Seberapa banyakpun kita menabung, kita tidak akan pernah tahu berapa yang akan kita keluarkan untuk membiayai kesehatan kita ketika sakit. Dalam hal ini ada beberapa hal yang perlu kita lakukan di masa muda kita, selain masalah keuangan tentunya. Di masa muda, cobalah untuk bergaya hidup sehat. Makanlah makanan yang bergizi, jangan terlalu banyak makan junk food, jangan merokok dan jangan lupa olahraga secara teratur. Dijaman serba canggih ini tentu mudah untuk mendapatkan tips-tips gaya hidup sehat di internet. Selain itu, untuk persiapan ‘kalau-kalau’ ternyata Tuhan berkehendak lain, maka ada baiknya kita juga mempersiapan dana untuk kesehatan kita juga. Pemerintah sudah menyediakan program yang bagus untuk itu, kita mengenal ada BPJS Kesehatan yang bisa kita gunakan apabila kita sakit. Program ini bisa diikuti oleh orang kantoran atau orang yang tidak bekerja sekalipun. Atau jika mau, kita juga bisa menggunakan program dari perusahaan asuransi lain yang ada di Indonesia.

 

Tua itu Pasti, Bahagia Itu Pilihan

Bagaimanapun kita tidak bisa menghindari masa tua. Mau tidak mau, suka atau tidak suka, suatu saat semua yang hidup di dunia ini akan merasakan tua. Tua itu pasti. Namun untuk bahagia, itu adalah sesuatu yang tidak pasti. Seseorang bisa memilih, apakah Ia mau bahagia selamanya, mau bahagia hanya di masa muda atau bahagia hanya di hari tua. Itu tergantung dari keputusan kita masing-masing. Tua itu pasti, bahagia itu pilihan.

 

”Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog ‘Blogging Competition – Bahagia di Hari Tua’. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan dan Blogdetik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *