BLOG GRATISAN ATAU BLOG TOP LEVEL DOMAIN (TLD)_

Lebih Baik Blog Gratisan atau Blog dengan Top Level Domain?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai lebih baik mana antara blog gratisan atau blog dengan Top Level Domain (TLD), ada baiknya kita mengerti apa itu Blog Gratisan dan apa itu Blog dengan Top Level Domain(TLD).

Apa itu Blog Gratisan?
Blog gratisan adalah blog yang kita buat dengan tanpa mengeluarkan uang sedikitpun untuk membuatnya. Beberapa blog engine populer yang menyediakan fasilitas gratis tersebut adalah wordpress, blogspot dan Tumblr. Untuk membedakannya dengan blog yang berbayar adalah adanya nama penyedia jasa tersebut dibelakang nama blog yang kita punya, seperti : www.abcdefg.wordpress.com atau www.vwxyz.blogspot.com

Untuk membuat blog gratisan tersebut sangat mudah, Anda tinggal mengunjungi www.wordpress.com, www.blogger.com atau www.tumblr.com.

Apa itu Top Level Domain (TLD)?
Top Level Domain adalah blog atau website yang kepemilikan sudah menjadi kepemilikan pribadi masing-masing penggunanya. Blog dengan TLD memiliki ketentuan berbayar, baik itu perbulan, Per semester atau pertahun (tergantung layanan dari providernya). Biasanya blog ini ditandai dengan akhiran [dot] com, [dot] co [dot].id, [dot] org dsb. Pemilihan akhiran TLD tersebut ditentukan oleh si pembuat blog itu sendiri, namun ada ketentuan-ketentuan tertentu yang bisa diikuti dalam memilih domain mana yang sesuai untuk blog kita (Baca : Macam-Macam Top Level Domain)

Seorang Blogger dipastikan harus memiliki sebuah blog pribadi, baik itu blog gratisan maupun blog dengan Top Level Domain (TLD). Sebenarnya mana yang lebih baik, memiliki domain gratisan atau Top Level Domain (TLD)? Kalau menurut saya, apabila Anda masih coba-coba dengan dunia blog, maka sebaiknya mencoba dulu me-maintain blog gratisan. Namun apabila Anda sudah yakin ingin terjun dan menekuni dunia Blogger, maka saran saya adalah langsung memiliki blog dengan domain TLD.

Ada beberapa keuntungan seorang blogger memiliki domain Top Level Domain (TLD), diantaranya adalah :
1) Terlihat lebih professional
Membuat blog itu gampang. Tiap orang bisa membuat blog sendiri dengan bantuan open source gratis seperti WordPress, Blogspot dan Tumblr. Karena sangat mudah, terkadang ada pemilik blog yang ‘ogah-ogahan’ dalam merawat blog mereka. Malah terkadang ada pulang yang hanya mem-posting beberapa artikel kemudia menghilang. Blog dengan domain gratisan sering dianggap tidak professional baik oleh pembaca atau perusahaan, walaupun ada pula blog gratisan yang tetap ter-maintain dengan baik. Dengan memiliki domain TLD, pengunjung atau perusahaan akan melihat kesungguhan pemilik blog dalam dunia blogging.

2) Mudah diingat Orang
Setiap pemilik blog pasti ingin memiliki jumlah traffic yang banyak, traffic yang banyak mengharuskan sebuah blog/website memiliki pengunjung yang banyak pula tiap harinya. Memiliki blog dengan TLD membuat website/blog tersebut akan lebih mudah diingat orang. Alasan simple, karena semakin pendek nama yang digunakan, orang akan lebih mudah ingat daripada nama website/blog dengan kalimat yang panjang.

3) Lebih mudah mendominasi SERPs
SERPs atau Search Engine Result Pages adalah halaman hasil penelusuran kata kunci di mesin pencari (misal : Google, Yahoo, Bing). Ketika Anda mengetikkan sebuah kata kunci di google, misal : Top Level Domain, maka akan muncul banyak sekali hasil pencarian dari kata kunci tersebut. Nah, sebagai seorang pengunjung, secara otomatis mereka akan memilih blog/website yang berada di urutan atas pencaharian, baru kemudian beralih ke urutan dibawahnya dan halaman berikutnya sampai mereka menemukan apa yang mereka cari. Bagaimana menjadikan blog/website berada di urutan teratas adalah dengan memahami SEO. website/blog dengan Top Level Domain akan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari Google dibanding blog dengan domain gratisan.

4) Mudah dimonetisasi
Tujuan seseorang dalam membuat blog bermacam-macam, ada yang hanya karena ingin menulis dan menuangkan apa yang dipikirkannya, ada pula yang memang bertujuan untuk menghasilkan uang dari tulisannya tersebut. Ada beberapa cara untuk mendapatkan pendapatan dari blogging, diantara adalah penempatan iklan, affiliate program dan job review dari perusahaan/agency. Untuk cara nomer 1 dan 3 banyak yang mensyaratkan kepemilikan Top Level Domain. Alasannya simple karena blog dengan domain Top Level terlihat lebih professional dan dapat dipercaya.

5) Banyak plugin/themes yang bisa diinstal (gratis)
Khusus untuk WordPress, memiliki blog WordPress yang berbayar memiliki kelebihan dalam hal ketersediaannya banyak Plugin yang bisa diinstal. WordPress gratisan tidak menyediakan layanan tersebut, dengan kata lain para pemilik blog gratisan harus berpuas diri dengan apa yang disediakan oleh WordPress. Tapi memang, walaupun begitu, tetap ada plugin-plugin yang menghendaki pembayaran kembali apabila fitur yang diingin sedikit lebih advance dari yang standar.

Posted in BELAJAR BLOG, BLOGPOST and tagged , , , , .

Leave a Reply