Rukamen : Cara Cepat Menjual dan Menyewakan Apartemen Anda

Dalam Ilmu Ekonomi, kebutuhan dasar yang harus dipenuhi manusia untuk melanjutkan kelangsungan hidup ada 3 (tiga) jenis, yaitu Sandang, Pangan dan Papan. Kebutuhan sandang meliputi kebutuhan akan pakaian, pangan merupakan kebutuhan akan makanan dan papan merupakan kebutuhan untuk berteduh atau tempat tinggal. Dari ketiga macam kebutuhan tersebut, kebutuhan papan adalah kebutuhan yang dapat dikatakan tergolong mahal saat ini. Hal tersebut dikarenakan semakin banyaknya permintaan akan tempat tinggal (karena populasi manusia terus bertambah), sedangkan lahan untuk membangun tempat tinggal tersebut tidak mengalami penambahan.

 

Apartemen
Apartemen

Salah satu alternatif para developer untuk mengatasi masalah kelangkaan lahan ini adalah dengan membangun apartemen, yaitu sejumlah unit tempat tinggal yang tersusun bertingkat ke atas. Saat ini, konsep hunian berupa apartemen telah banyak dikembangkan di sejumlah kota di Indonesia, seperti Jakarta, Surabaya, Bekasi dan Tangerang.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan tidak akan surutnya minat masyarakat terhadap apartemen, yaitu kebutuhan akan tempat tinggal dan minat untuk berinvestasi. Minat untuk berinvestasi muncul karena anggapan harga apartemen saat ini pasti akan terus meningkat dikedepannya. Ada dua keuntungan yang bisa didapat investor ketika berinvestasi di properti (apartemen), yaitu capital gain (selisih antara harga jual dan harga beli) atau pemasukan rutin perbulan.

Permasalahan kemudian muncul ketika kita ingin menjual kembali atau menyewakan apartemen yang kita miliki. Walaupun minat akan investasi di sektor properti akan selalu ada, namun sebagai penjual kita pasti bersaing dengan penjual-penjual lainnya. Ntah itu sesama pemilik apartemen pribadi atau developer yang memiliki apartemen baru. Ada banyak hal yang menyebabkan apartemen tersebut tidak segera terjual atau menemukan penyewa, diantaranya adalah : 

  • Kurangnya promosi
  • Harga yang tidak cocok
  • Ketidak-tahuan kita bagaimana memasarkan sebuah apartemen.

Pada artikel ini, saya akan membahas mengenai tips bagaimana  agar cepat menjual atau menyewakan apartemen.

Tips-Tips Cara Cepat Menjual Apartemen

Step 1 : Menentukan Harga

Ada beberapa metode untuk menentukan harga sebuah apartemen, diantaranya adalah dengan melihat harga pasar dan memasang harga sewa atau jual sedekat mungkin dengan batas harga terendah Anda. Harga yang menarik di pasaran akan langsung menjadi incaran orang-orang yang mencari hunian.

Untuk mengetahui harga pasar tentunya Anda harus melakukan survey terkait dengan harga apartemen lain di sekitar Anda. Baru setelah mengetahui harga pasar tersebut Anda bisa mempertimbangkan berapa harga yang akan Anda pasang untuk apartemen Anda.

Menentukan harga yang dekat dengan batas terendah Anda bertujuan agar harga apartemen Anda tidak terlalu tinggi. Harga yang terlalu tinggi hanya akan membuat calon pembeli atau penyewa beralih ke tempat lain. Memasang harga juga dianjurkan tidak pas-pasan alias ada ruang untuk negosiasi.

 

Step 2 : Ingat Opportunity Cost & Fixed Cost

Ketika apartemen Anda tidak terpakai, ada biaya-biaya yang akan muncul menghantui Anda, seperti Opportunity Cost dan Fixed Cost. Opportunity Cost merupakan biaya yang muncul karena hilangnya sebuah kesempatan. Misalnya harga sewa apartemen Anda Rp 5.000.000/bulan. Maka seharusnya Anda menerima pemasukan Rp 5.000.000/bulan. Apabila apartemen Anda tidak ada yang menempati selama 5 (lima) bulan, maka opportunity cost Anda atau pendapatan yang seharusnya Anda dapatkan adalah Rp 25.000.000. Sama halnya jika Anda berniat menjual apartemen namun belum menemukan pembeli. Seharusnya Anda mendapatkan sejumlah uang yang dapat Anda manfaatkan untuk hal lainnya, namun uang tersebut belum Anda dapatkan karena belum adanya pembeli.

Fixed Cost adalah biaya tetap yang harus Anda keluarkan setiap untuk memelihara apartemen Anda, seperti biaya listrik, air dan kebersihan (service charge). Padahal apabila apartemen tersebut sudah dibeli/disewa, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tersebut.

Semakin lama properti Anda tidak tersewa/terjual, semakin besar opportunity cost dan fixed cost yang harus Anda keluarkan. Nah, ketika hendak menentukan harga apartemen Anda, jangan lupa untuk mempertimbangkan kedua biaya ini.

Step 3 : Always Open For Negotiation

Dalam jual-beli ataupun sewa-menyewa pasti akan ada negosiasi. Karena itu janganlah menaruh harga yang pas-pasan, berikanlah sedikit ruang untuk negosiasi.

Jangan mengabaikan pembeli/penyewa yang menawar sedikit di bawah harga yang Anda pasang. Apabila orang tersebut benar-benar serius dan berminat dengan apartemen Anda maka pertimbangkanlah. Jangan menunggu sesuatu yang tidak pasti. Ingat! Anda memiliki opportunity cost dan fixed cost yang harus Anda bayar.

Step 4 : Penting Memperhatikan Hal-Hal Teknis Berikut Ini :

Dalam menjual atau menyewakan apartemen, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal teknis seperti kondisi dan dekorasi apartemen, foto yang menarik informasi yang akurat dan fasilitas-fasilitas apartemen Anda.

 
  • Kondisi dan dekorasi interior apartemen
    • Ketika akan menjual/menyewakan apartemen hendaknya sejak awal Anda sudah memutuskan apakah akan menjual/menyewakannya dengan kondisi unfurnished/semi-furnised/furnised. Anda juga harus memutuskan siapa target market yang akan Anda sasar. Hal tersebut terkait dengan metode pemasaran yang akan Anda lakukan untuk memasarkan apartemen Anda. Sebagai contoh, apabila yang Anda pasarkan adalah apartemen dengan tipe studio (1 kamar), maka target market Anda adalah pasangan muda, mahasiswa atau karyawan yang hanya tinggal sendiri. Tipe pembeli/penyewa seperti itu biasanya menginginkan apartemen yang sudah terisi perabotan dan furniture. Berbeda halnya jika apartemen Anda memiliki 3 (tiga) kamar. Tentunya yang Anda sasar adalah orang yang sudah berkeluarga dan memiliki anak. Tipe pembeli/penyewa seperti itu biasanya menginginkan apartemen yang masih kosong agar dapat mereka dekorasi sendiri. Kondisi interior apartemen Anda akan sangat menentukan minat dari pembeli/penyewa untuk bernegosiasi dengan Anda atau tidak.
 

  • Foto apartemen Anda dengan bagus.
    • Foto adalah hal pertama yang dilihat oleh para pencari hunian. Foto yang bagus akan membuat mereka lebih tertarik dan melihat lebih lanjut informasi tentang apartemen Anda.

 

  • Berikan informasi yang akurat dan lengkap.
    • Hal ini akan memudahkan para pencari hunian dalam menentukan apartemen seperti apa yang mereka cari. Juga membantu Anda nantinya, tidak membuang-buang waktu dan tidak perlu mengingat-ingat lagi karena semuanya sudah tertulis dengan jelas.

 

  • Tunjukan nilai lebih yang dimiliki unit apartemen Anda, misalnya fasilitas-fasilitas yang dimiliki apartemen Anda.
    • Sebuah hunian akan lebih menarik pembeli/penyewa jika memiliki banyak fasilitas-fasilitas pendukung, seperti kemudahan akses transportasi, fasilitas pendidikan, adanya taman rekreasi dsb. Jika apartemen Anda memiliki fasilitas-fasilitas yang banyak, maka jangan lupa untuk menginformasikan hal tersebut. Bahkan apabila fasilitas tersebut masih dalam perencanaan atau pembangunan, sebaiknya Anda tetap menginformasikannya. Namun tentunya Anda harus menambahkan keterangan dibelakangnya, misalnya : Fasilitas Waterpark (dalam pembangunan).

Step 5 : Gunakan Stacking Method-Selling Hack

Dalam dunia pemasaran, ada banyak cara untuk menginformasikan atau menjual produk/jasa kita kepada masyarakat, salah satunya adalah dengan menggunakan Stacking-Method. Stack atau menumpuk adalah metode pemasaran dengan menggunakan SEMUA tool dan media yang tersedia seperti:

  • Classifieds Ads baik Offline maupun Online
  • Forum
  • Social Media,
  • Email Blast,
  • Sms Blast,
  • dan Media lainnya.

Dalam hal ini, memasarkan apartemen dengan menggunakan metode ini adalah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan banyak media, online dan offline, tentunya akan lebih banyak orang yang mengetahui keberadaan apartemen Anda. Semakin banyak orang yang mengetahui apartemen yang Anda maka kemungkinan munculnya peminat akan lebih besar.

Salah satu media yang digunakan dalam stacking method adalah melalui iklan online. Iklan ini bisa muncul di mana saja, bisa melalui televisi atau melalui dunia maya. tentunya kedua pilihan iklan tersebut memiliki efek dan biaya yang berbeda-beda.

Setiap orang tentunya ingin menekan serendah-rendahnya biaya untuk pemasaran apartemen mereka. Karena itu dianjurkan untuk benar-benar memilih media yang sesuai dengan tipe produk/jasa yang akan dipasarkan. Sebagai contoh, misalnya kita akan memasarkan sebuah apartemen pribadi. Rasanya tidak efektif dan efisien apabila kita menggunakan channel televisi. Pertama, target marketnya terlalu luas. Kedua, biaya untuk iklan di televisi tentunya cukup besar.

Untuk memasarkan apartemen pribadi, saya menganjurkan Anda untuk memakai media internet. Sekarang ini, banyak orang yang mengandalkan internet untuk mencari sesuatu. Hal tersebut dapat kita manfaatkan untuk memasarkan apartemen kita. Ada beberapa cara agar apartemen Anda bisa muncul dan menjadi urutan pertama di mesin pencari google. Cara paling mudah adalah dengan melalui iklan. Namun tentunya biaya iklan google tidak sedikit, padahal Anda ingin menghemat biaya pemasaran Anda bukan?

Untuk memasarkan apartemen, cara paling efektif dan efisien menurut saya adalah dengan memasang iklan apartemen kita di situs yang khusus memuat jual-beli/sewa apartemen. Hal tersebut karena website jenis tersebut sudah spesifik memiliki target market orang-orang yang sedang mencari apartemen dan juga biayanya yang terjangkau. Pada artikel ini, saya akan membahas salah satu website yang menawarkan iklan untuk memasarkan apartemen Anda, yaitu rukamen.com.

 

Rukamen merupakan sebuah website yang berisi informasi jual dan sewa apartemen di Indonesia. Saat ini website Rukamen berisi ratusan apartemen yang terletak di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Bali dan Batam.

Dengan Rukamen Anda bisa mencari apartemen-apartemen yang saat ini sedang dijual atau disewakan dan juga bisa menaruh iklan Anda apabila Anda ingin menjual atau menyewakan apartemen.

Agar dapat melihat daftar apartemen apa saja yang saat ini sedang dijual/disewa, Anda bisa langsung masuk ke www.rukamen.com. Ketika membuka website tersebut Anda bisa langsung melakukan pencarian apartemen melalui fitur search yang ada di bagian atas website. Anda bisa langsung memasukkan kata kunci nama apartemen yang ada cari atau kata kunci lokasi di mana Anda ingin mencari apartemen. Setelah itu, Anda dapat langsung menelusuri setiap hasil pencarian yang ada dan mempertimbangkan mana yang akan Anda tindak lanjuti.

Selain informasi mengenai apartemen yang sedang dijual dan disewa, Rukamen juga merupakan wadah bagi pemilik apartemen yang ingin menjual atau menyewakan apartemennya. Berikut akan saya bahas lebih lanjut mengenai bagaimana beriklan di rukamen dan tips tercepat menjual dan menyewakan apartemen Anda.

Bagaimana Caranya Menaruh Iklan di Rukamen?

Rukamen, Jual Sewa Apartemen

Registrasi/Login

Agar dapat membuat iklan apartemen Anda di rukamen.com, Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu. Untuk proses registrasinya sangat mudah. Pertama-tama Anda harus membuka website www.rukamen.com melalui browser Anda, lalu klik "Masuk" atau "Tambah Listing" yang ada di pojok kanan atas layar Anda.

Rukamen

 

Jika meng-klik menu "Masuk" maka Anda akan diminta untuk melakukan login atau registrasi.

 

Jika Anda memilih meng-klik "Tambah Listing", maka pada awalnya Anda akan dihadapkan pada pilihan tipe iklan Anda, yaitu :

  • Single Post Credit -> Jika hanya mengiklankan 1 unit apartemen
  • Five Post Credit -> Jika mengiklankan 2-5 unit apartemen
  • Realty Agent -> Jika hanya mengiklankan > 5 unit apartemen

Rukamen

 

Lalu Anda dapat memilih dari ketiga pilihan di atas. Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengisi data awal untuk registrasi seperti Nama, Handphone, Alamat Email dan Password.

Saran saya, jika Anda hanya akan mengiklankan 1 apartemen, pilih saja registrasi dengan meng-klik menu "Masuk". Namun jika Anda berniat mengiklankan lebih dari 1 apartemen atau Anda adalah seorang property agent, maka pilihlah registrasi melalui menu "Tambah Listing".

Lengkapi Data Diri

Setelah berhasil melakukan registrasi dan berhasil masuk ke dashboard Anda, lakukan pengisian data diri Anda secara lengkap di menu "Pengaturan". Data diri yang perlu Anda lengkapi adalah : Nomer Handphone, No. Whats App, Pin BBM dan Foto.

Buat Listing

Setelah melengkapi data diri yang diperlukan, Anda bisa langsung membuat iklan apartemen Anda dengan meng-klik menu "Buat Listing" yang ada di sebelah kiri layar dashboard Anda.

 

Isi Informasi Apartemen

Setelah meng-klik "Buat Listing" maka Anda akan diminta untuk mengisi beberapa informasi terkait dengan apartemen yang akan Anda iklankan. Isi data tersebut hingga selesai lalu klik submit.

Berikut adalah list informasi yang harus Anda isi :

 

Info Iklan

Isi berdasarkan rencana iklan Anda : Sewa/Jual dan Nama Apartemen Anda

Foto

Upload Foto Apartemen yang Anda Iklankan

Keterangan Apartemen

Masukkan informasi mengenai : jumlah kamar tidur, kamar mandi, tempat parkir, luas area, menara/lantai, kondisi dan fasilitas

Keterangan Tambahan

Judul Iklan, keterangan, Tags, Mata Uang dan Harga

Informasi Kontak

Gunakan data yang ada atau masukkan informasi baru.

Ringkasan & Pembayaran

Baca kembali ringkasan informasi terkait iklan Anda. Kemudian pilih metode pembayaran yang Anda inginkan

Lakukan Pembayaran

Setelah menyelesaikan informasi yang diperlukan, segera lakukan pembayaran sesuai dengan metode pembayaran yang dipilih. Setelah itu iklan Anda akan siap ditayangkan di rukamen.com

Testimoni Customer..

Testimoni Rukamen

Mau Tahu 

Rukamen SalesHack Cara Cepat Menjual dan Menyewakan Apartemen

Saleshack merupakan produk dari rukamen.com yang menawarkan kemudahan dalam menjual atau menyewakan apartemen. Ketika menggunakan SalesHack maka pemilik apartemen tidak perlu repot-repot lagi untuk memasarkan apartemen miliknya. Untuk bisa menggunakan SalesHack, Anda cukup masuk ke link berikut : Saleshack.

Setelah itu, Anda dapat mengisi form yang ada. Informasi yang harus Anda masukkan ke dalam form tersebut adalah nama, nomer telepon dan email. Setelah Anda melakukan pengisian, nanti tim dari SalesHack yang akan menghubungi Anda secara langsung.

 

KENAPA HARUS MENGGUNAKAN SALESHACK?

CARA PALING CEPAT

SMS & CALL CENTRE

COMPETITION REPORT

MENGHEMAT UANG

Cara Paling  Cepat

Cara paling ampuh untuk memasarkan suatu produk atau jasa adalah dengan memperbanyak jumlah orang yang mengetahui akan produk/jasa tersebut. Begitulah yang akan dilakukan oleh SalesHack. SalesHack akan menyebar iklan Anda di lebih dari 15 channel online, termasuk website properti, forum, website marketplace hingga media sosial. Banyaknya channel penyebaran iklan akan membuat  apartemen Anda lebih cepat menemukan penjual/penyewa.

Competition Report

Ketika hendak menjual/menyewakan apartemen, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana keadaan pasar apartemen saat itu. Informasi-informasi yang beredar di pasar dapat membuat Anda lebih bijak dalam mengambil keputusan sehubungan dengan penjualan/penyewaan apartemen Anda. Dengan Rukamen SalesHack, Anda akan mendapatkan informasi-informasi penting terkait apartemen Anda.

SMS & Call Center

Jika Anda tidak ingin nomer Anda dipublikasikan di internet, SalesHack menyediakan fasilitas SMS & Call Centre yang dapat membantu Anda dalam menerima panggilan dari calon pembeli/penyewa. Hal ini membuat privasi Anda lebih aman dan terjaga.

Menghemat Uang

Biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan Rukamen SalesHack lebih rendah dibanding biaya yang harus Anda keluarkan apabila memasarkan apartemen Anda seorang diri. Bayangkan! Berapa biaya yang harus Anda keluarkan apabila Anda harus menyebar iklan ke lebih dari 15 channel online, mendapat informasi terkini terkait dengan apartemen Anda dan juga layanan SMS & Call Centre yang dapat membantu menjaga pribadi Anda?
 
Dengan menggunakan SalesHack, semua layanan tersebut bisa Anda dapatkan hanya dengan mengeluarkan biaya 399rb. Pertanyaan lain kemudian muncul, "Sampai kapan iklan Anda akan tayang?" Anda patut bergembira karena iklan Anda akan tayang sampai apartemen Anda laku terjual/tersewa.

PENUTUP

Apartemen merupakan salah satu properti yang tidak akan habis peminatnya. Hal tersebut dikarenakan setiap orang pasti memiliki kebutuhan akan tempat tinggal. Selain itu, apartemen juga merupakan salah satu pilihan investasi menarik bagi investor.

Sebuah masalah muncul ketika seseorang ingin menjual atau menyewakan apartemen mereka. "Bagaimana cara cepat menjual/menyewakan apartemen yang kita miliki?"

Saat ini, ada metode yang cepat dan mudah untuk memasarkan apartemen Anda, rukamen.com. Rukamen merupakan sebuah website yang berisi daftar apartemen yang ada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Surabaya, Bandung, Bali dan Batam. Melalui Rukamen, Anda dapat mencari apartemen sesuai dengan harga ataupun lokasi yang Anda inginkan. Selain itu, Rukamen juga dapat menjadi media bagi Anda untuk menjual atau menyewakan apartemen dengan cepat dan mudah.

Salah satu produk dari Rukamen yang sedang naik daun saat ini adalah SalesHack. Metode ini merupakan metode tercepat dalam menjual dan menyewakan apartemen. Dengan Rukamen SalesHack Anda tidak perlu mengalami kesulitan dalam memasarkan apartemen yang ingin Anda jual atau sewakan.

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bisa Langsung Menghubungi Rukamen :

PT. Rumah Kantor Apartemen Graha Mas B5 Jl. Raya Perjuangan No.1 Kebon Jeruk Jakarta Barat - 11530

0812 1212 3503

Website

https://www.rukamen.com

More Info
Posted in REVIEW and tagged , , , , .

Leave a Reply