Blogging Hobi yang Menghasilkan Uang

Blogging : Hobi yang Menghasilkan Uang

Halloo Para RDNers!
Kali ini saya ingin mencoba membahas mengenai sisi matrealistis dari dunia blogging. Lohh?? Kok matrealisitis sih? maksudnya apa? Para blogger itu matre???

Humm,, maksud perkataan saya sebelumnya bukan ingin mengatakan kalau blogger itu matre, bukan! saya percaya para blogger yang eksis di dunia penulisan internet adalah karena hobi. Awal mula pembuatan blog pribadi milik blogger adalah untuk menyalurkan hobi. Kesenangan awal dalam meng-update setiap cerita atau berita yang terjadi murni semata-mata karena perasaan senang ketika ada memberikan komentar pada tulisan kita, jumlah pengunjung yang banyak dan terus bertambah atau karena jejak Like yang ditinggalkan blogger lainnya.

Nah, terus apa maksud dari judul di atas?
Judul di atas saya buat karena para blogger bisa mendapatkan keuntungan lain dari hobi yang mereka tekuni itu, yaitu mendapatkan uang. Kalau ibarat peribahasa, Sambil Mendayung Dua Tiga Pulau Terlampaui atau Sambil Menyelam Minum Air. Mungkin banyak para blogger yang masih belum mengetahui keuntungan sampingan dari hobi mereka itu. Karena itu, disini saya akan memberikan beberapa cara agar para blogger bisa menghasilkan uang dari hobi mereka sendiri. Pasti seneng dong kalau kita melakukan pekerjaan yang sesuai dengan hobi kita. Yah anggap saja blogging itu adalah suatu pekerjaan ya man teman ๐Ÿ™‚

Berikut adalah beberapa cara untuk menghasilkan uang dari menulis blog :

1) Penayangan Iklan
Kita tentu sering melihat ketika mengunjungi suatu blog atau website lalu terdapat tayangan-tayangan iklan yang tersebar di beberapa sudut blog tersebut (atas, samping atau bawah). Nah, iklan itu bukan sesuatu yang kebetulan looh. IKlan-iklan itu ada karena pemilik si blog mengijinkan penayangan dari iklan-iklan tersebut. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah dengan mendaftar ke Google Adsense. Dengan mendaftar ke Google Adsense, pemilik blog dapat membuat blog mereka diisi dengan iklan-iklan yang ditempatkan oleh Google. Namun tentunya untuk dapat diterima menjadi mitra dari Google Adsense tidaklah mudah. Ada kriteria-kriteria tertentu yang menyebabkan sebuah blog/website diterima atau tidak oleh Google. Nah, si pemilik blog akan mendapatkan uang ketika ada pengunjung blog mereka yang meng-klik atau membeli produk dari iklan yang tayang di blog tersebut. Dalam dunia adsense ada istilah PPC (Paid Per CLick) dan CPC (Cost Per CLick).

2) Affiliate Program
Affiliate program merupakan program yang diberikan oleh perusahaan e-commerce kepada pihak yang mau menjadi partner mereka. Partner di sini maksudnya adalah pihak yang bersedia menjadi perantara antara mereka dengan pembeli. Blogger yang mendaftar menjadi affiliate suatu perusahaan akan menampilkan banner perusahaan tersebut pada website/blog mereka. setelah itu, apabila ada yang melakukan pembelian maka pemiliki blog akan mendapat komisi dengan persentase tertentu (tiap perusahaan memberikan persentase komisi yang berbeda-beda).

3) Review Produk/Jasa
Review produk/Jasa bisa dilakukan oleh pemilik blogger apabila mereka mendapat penawaran dari agency atau perusahaan tertentu yang meminta mereka mereview produk/jasa mereka. Biasanya review ini akan didahului oleh undangan untuk menghadiri acara/pertemuan/press release dari produk tersebut. Setelah blog tersebut tayang di blog Anda, pihak agency/perusahaan akan memberikan sejumlah fee kepada Anda. Penawaran tersebut bisa datang langsung dari agency/perusahaan, atau bisa juga dari informasi yang di dapat dari komunitas blogger yang Anda ikuti. jad saran saya, kalau Anda benar-benar ingin serius mendulang uang dari dunia blogging, maka bergabunglah dengan komunitas-komunitas blogger yang ada di Indonesia. Dengan begitu kemungkinan Anda untuk mendapat tawaran untuk me-review akan semakin besar.

4) Lomba Blog
Saat ini banyak sekali perusahaan yang mengadakan kompetisi atau lomba blog. Hadiah yang ditawarkan juga tidak main-main, tapi memang bervariasi dari satu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Untuk penilaian kebanyakan menaruh poin kreatifitas dalam menulis dan juga kesesuaian dengan teman. Di blog saya ini, saya akan berusaha untuk terus meng-update lomba blog setiap bulannya.

5) Kontes SEO
Selain lomba blog, ada pula perusahaan yang memilih untuk melakukan kompetisi SEO. Berbeda dengan lomba blog, kontes SEO ini melakukan penilaian berdasarkan rangking di search engine Google atau search engine lainnya. Jadi pada kontes ini yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana membuat website/blog Anda berada di urutan teratas dibanding peserta lainnya.

Selamat Mencoba!

Posted in BELAJAR BLOG and tagged , , , , , .

Leave a Reply