Tips SEO, Optimalisasi SEO

5 (Lima) Tips SEO

Ada banyak tips yang dapat diaplikasikan dalam SEO, 5 (lima) diantaranya adalah :

1) Pemilihan Keyword yang Baik

Terkadang, kita sibuk memusingkan kata kunci yang pada dasarnya tidak atau jarang dicari oleh pengunjung. Anda harus menginvestasikan waktu dan energi Anda untuk mencari kata kunci terbaik yang cocok dengan content artikel Anda. Salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan Google Trends.

Google Trends memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci sampai berdasarkan kategori, daerah, negara dan waktu. Sebagai contoh, Anda dapat melihat apa kata kunci terbaik yang terkait dengan teknologi pada 12 bulan terakhir. Serta Anda dapat juga melihat apa 10 teratas kata kunci terbaik saat ini.

2) Optimalisasikan Judul Artikel Anda

Memilih sebuah judul yang baik, yang benar-benar merepresentasikan isi dari artikel Anda merupakan hal yang penting. Hal tersebut dapat mempermudah search engine dalam menemukan artikel yang sesuai dengan keyword yang diketik oleh pengunjung.

Apabila Anda ingin berada dalam posisi teratas pencaharian, maka sebaiknya Anda menyertakan keyword Anda dalam judul yang Anda buat. Apabila memungkinkan, letakkan keyword tersebut di kata paling depan judul artikel Anda. Dan jangan coba-coba mengulang keyword yang sama pada judul tersebut, karena search engine akan membacanya sebagai spam.

Saran lainnya dalam membuat judul adalah gunakan kalimat yang menarik perhatian pengunjung untuk mengklik tautan situs Anda dibanding yang lain. Sebagai contoh, misalnya artikel Anda berisi tentang cara menjadi seorang motion designer. Maka buatlah judul yang menarik, seperti “Bagaimana Menjadi Seorang Motion Designer Terkenal”. Apabila artikel Anda berbahasa Indonesia, maka buatlah judul dengan bahasa Indonesia juga. Jangan ‘alih-alih’ membuat artikel bahasa Indonesia namun memberi judul dengan bahasa Inggris agar terlihat keren.

3) Gunakan Headings dan Bold untuk Mengatur Content

Headings diperlukan ketika Anda akan mengatur sebuah informasi. Sama halnya berita yang Anda lihat di koran atau surat kabar lainnya.  Headings digunakan agar pembaca cepat menyadari seberapa pentinya sebuah informasi. Biasanya, para penulis berita akan membuat sebuah judul artikel yang lebih besar dibandingkan artikel yang lain untuk memberitahukan kepada pembaca bahwa itu adalah informasi paling penting yang ingin mereka sampaikan hari itu.

Dalam penulisan artikeldi blog, headings dapat digunakan dengan 6 tingkatan (H1-H6). H1 merupakan ukuran paling besar dan H6 merupakan ukuran paling kecil. Apabila Anda membuah headings tag pada keyword Anda, maka search engine dapat menangkap seberapa pentng kata atau kata kunci yang Anda buat dalam artikel tersebut.

Selain headings, Bold tags juga memegang peranan penting dalam memberitahukan bahwa kata dengan bold tersebut merupakan kata yang penting atau merupakan kata kunci dalam artikel tersebut.

4) Gunakan ALT dan Title Tags

Penggunaan ALT dan Title Tags terkadang diabaikan oleh pembuat artikel karena mengira kedua hal tersebut tidak begitu penting. Hal tersebut merupakan kesalah besar, karena pada kenyataannya penggunaan ALT dan Title Tags dapat membuat search engine lebih dapat mengenali isi dari artikel Anda. Dalam membuat sebuah artikel yang SEO Friendly, ANda harus memandang dengan perspektif SEO, apa yang dapat dibaca oleh search engine dan apa yang tidak. Search engine akan membaca apa yang Anda perintahkan untuk dibaca. dan Penggunaan Tags, termasuk ALT dan Title Tags dapat membuat search engine mengerti seberapa relevan sebuah artikel dengan kata kunci yang dicari pengunjung.

5) Beri Nama pada Media Anda
Dalam memposting suatu artikel, sering kali kita menyertakan media pelengkap, seperti foto atau video. Sebaiknya, beri nama pada media Anda tersebut dengan keyword yang dapat dimengerti oleh search engine dan manusia. Maksud dapat dimengerti di sini adalah keyword atau judul yang digunakan pada media tersebut haruslah sesuai dengan gambar yang ada. Search engine adalah robot, dia akan membaca file media Anda sesuai dengan apa yang Anda tulis. Misalnya Anda mem-posting gambar kucing di artikel Anda. Apabila Anda hanya memberi judul media tersebut dengan nama “gallery1″, ‘gallery2” maka demikianlah search engine akan membacanya. Search engine tidak akan tahu kalau “gallery1” dan “gallery2” itu adalah foto seekor kucing. Dan ketika ada orang yang mengetikkan keyword “kucing” pada search engine, maka gambar anda tidak akan keluar di dalam salah satu hasil pencaharian.

Sumber : 5 SEO Tips (ericauzenne.com)

Posted in BLOGPOST, SEO and tagged , .

Leave a Reply